Jelang PeSONas I Semarang: Sebanyak 106 Atlet SOIna Riau Mulai Jalani TC Penuh

Rabu, 29 Juni 2022 - 23:43 WIB Sport

Berita Terkait

Jelang PeSONas I Semarang: Sebanyak 106 Atlet SOIna Riau Mulai Jalani TC Penuh istimewa

PEKANBARU, kabarmelayu.com - Sebanyak 106 atlet SOIna Riau mulai menjalani pemusatan latihan (TC Penuh) menjelang ambil bagian dalam Pekan Special Olympics Nasional (PeSONas) I di Semarang Jawa Tengah pada tanggal 3 – 7 Juli 2022 nanti.

Kegiatan TC atau Pelatda SOIna ini diadakan selama tujuh hari, mulai 27 Juni sampai 3 Juli 2022 yang dibuka Gubernur Riau diwakili Asisten I Sekdaprov, Drs H. Masrul Kasmy, M.Si , Senin (27/6/2022) kemarin, di Pekanbaru.

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan, pemerintahan daerah sangat mendukung kegiatan SOIna dan PeSONas ini dan mengharapkan SOIna Ria dapat berprestasi terbaik. "Semoga SOIna Riau mampu mengharumkan nama daerah serta dapat terpilih mewakili Indonesia di ajang Internasional," harap Gubri.

Pada kesempatan yang sama Kadispora Bobby Rahmat, S.STP, M.Si. juga menyatakan dukungan dan doa agar SOIna Riau dapat berprestasi dan meraih juara umum kembali.

Sementara Ketua Pengprov SOIna Riau Hj. Novilia, SE  juga optimis dengan dukungan penuh Pemprov Riau melalui Dispora Riau dalam ajang PeSONas ini, akan tampil maksimal guna mencapai prestasi yang membanggakan bagi Riau. "Tentunya juga dukungan doa dari masyarakat Riau," kata Novilia. 

Saat ini para atlet bersama pelatih telah berada di Pekanbaru untuk melaksanakan program Training Center (TC) 27 Juni – 3 Juli 2022. sebelum berangkat menuju PeSONas di Semarang, Jawa Tengah pada 3 Juli nanti. 

Para atlet yang mengikuti TC ini sebelumnya sudah mengikuti pembinaan dan pelatihan di daerah asal masing-masing (desentralisasi) yang dilakukan para pelatih daerah melalui swadaya dan Pengkab/pengkot.

"Kami juga mohon doa restu Pemerintah Daerah baik Provinsi Riau maupun Kabupaten Kota, agar  olahragawan/ti SOIna kembali mendulang yang terbaik dan dapat mempertahankan gelar juara umum untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, seperti yang diraih pada PORNAS VII tahun 2014 di Makasar dan PORNAS VIII tahun 2018 Di Pekanbaru," ujar Novilia. 

Ikuti 12 Cabor di PeSONas Semarang

Dalam Laporan Ketua Panitia TC  Sri Wachjuni, SE. menyampaikan bahwa pada PeSONas I tahun 2022 ini, SOIna Riau akan mengirimkan sebanyak 157 orang delegasi yang dipimpin Ketua Delegasi/Kontingen Adi Romadona, S.Pd., M.Pd. dengan 2 Orang Wakil Ketua Kontingen yaknib Noramaihani dan Perdamaian.

Sedangkan rincian rombongan terdiri dari olahrawan/ti 106 orang, pelatih 32 orang, pelatih pendamping 6 orang, peserta Kongres 2 orang, dokter 1 orang, Ofisial 7 orang yang berasal dari 12 kabupaten/kota.

Kontingen SOIna Riau akan mengikuti 12 cabor olahraga yaitu, Atletik, Renang, Tenis Meja, Bulutangkis, Senam, Bocce, Tari Tradisional, Basket, Bolavoli, Sepakbola, Futsal, Bola Tangan dan Floorball.

Para Olahrawan/ti dan pelatih ini berasal dari 12 Kabupaten/Kota Se Riau yang telah melalui tahapan seleksi mulai dari Kejurkab, Kejurda dan Porda serta latih tanding yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. 

Para atlet dan pelatih yang akan mewakili SOIna Riau telah memenuhi kriteria untuk menjadi Bintang sesuai dengan motto PeSONas 1 “Akulah Bintang”.

PeSONas I di Semarang ini juga sekaligus sebagai ajang seleksi untuk Special Olympics World Summer Games di Berlin Jerman tahun 2023 mendatang. (**)

Rabu, 18 Juni 2022 - 23:43 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru