TMMD 114 Kodim 0301/PBR Lakukan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Ibu-ibu Kader Pos Yandu dan Mahasiswa

Jumat, 29 Juli 2022 - 17:04 WIB Sosial

Berita Terkait

TMMD 114 Kodim 0301/PBR Lakukan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Ibu-ibu Kader Pos Yandu dan Mahasiswa RE/Har

PEKANBARU, kabarmelayu.com - Selain sasaran fisik, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Kodim 0301/Pekanbaru ini juga melakukan kegiatan non fisik seperti penyuluhan wawasan kebangsaan (Wasbang) di kelurahan Sialang Rampai yang diikuti ibu-ibu kader Posyandu dan sekelompok mahasiswa yang sedang melakukan kuliah kerja nyata (Kukerta) dari universitas Riau ini.

Hadir pada kesempatan itu, Lurah Sialang Rampai Iriyanto,S.Hi, Babinsa dan Babinkamtibmas, serta piuluhan ibu-ibu kader Pos Yandu.

Kegiatan penyuluhan dengan materi Wasbang ini berlangsung selama lebih kurang 2 jam, sejak pukul 8.00-10.00 Wib, Jumat (29/7) di aula kantor kelurahan Sialang Rampai kecamatan Kulim, Pekanbaru.

Menurut, Pasiter Kodim 0301/PBR Mayor Inf J. Sipahutar yang juga sebagai narasumber menjelaskan, ini merupakan kerjasama dan kolaborasi TNI dengan Pemko Pekanbaru serta masyarakat Kecamatan Kulim khususnya Kelurahan Sialang Rampai dalam membangun wilayah.

"Selain sasaran fisik, dalam TMMD ini juga terdapat sejumlah sasaran non fisik dalam bentuk penyuluhan (sosialisasi) wawasan kebangsaan (Wasbang)," ujarnya.

Dalam sosialisasi Wasbang, tambah Mayor Inf J Sipahutar memaparkan nilai-nilai yang dikembangkan dalam bela negara, yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai dasar ideologi negara, dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.

"Nilai dasar wawasan kebangsaan, yakni penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, Tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka dan bersatu, cinta tanah air dan bangsa, demokrasi, kesetiakawanan sosial, dan masyarakat adil dan makmur," pungkas Pasiter Satgas TMMD ke 114 Kodim 0301/PBR.

Hal senada dikatakan Lurah Sialang Rampai Iriyanto,S.Hi., di sosialisasi wasbang, untuk pembinaan dan pembekalan wawasan kebangsaan sangat penting, guna menangkal radikalisme yang dapat merusak pikir-pikiran warga masyarakat.

"Sebagai anak bangsa kita jangan sekali kali melupakan sejarah, dan melalui materi ini diharapkan sebagai generasi bangsa, kita tergugah untuk terus mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif," tandasnya.(*)

Jumat, 23 Juli 2022 - 17:04 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru