Begini Bangunan Sekolah yang Rusak Parah Di Rohul, Siswa Takut Belajar Dalam Kelas

Jumat, 19 Agustus 2022 - 21:09 WIB Pendidikan

Berita Terkait

Begini Bangunan Sekolah yang Rusak Parah Di Rohul, Siswa Takut Belajar Dalam Kelas re/ded

RPHUL, kabarmelayu.com - Babinsa Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Kopda Mashuda melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) mengunjungi sekolah SDN 010 yang berada di Desa Rambah Jaya Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu yang memprihatikan.

"Tadi saya melaksanakan komsos ke sekolah SDN 010, kebetulan saya melihat banyak bangunan yang rusak. Kondisinya sudah mengkhawatirkan bagi siswa dan guru," kata Kopda Mashuda di sekolah SDN 010, Jumat (19/8/2022).

Dia mengatakan, Sekolah itu dibangun sejak 1982.

"Kondisi bangunan sekolah, plafon banyak yang bolong, atap bocor. Kemudian, ada dinding yang terpisah dengan tiang, pondasi putus dan menggantung dari permukaan tanah, serta lantai retak karena tanahnya turun," kata Mashuda.

Seorang siswa kelas lima SDN 010, Alika (10) mengaku takut.

"Kami takut bangunannya roboh saat belajar. Kalau hujan air masuk ke dalam kelas," kata Alika.

Masih di tempat yang sama, Kepala Sekolah SDN 010, Siti Asrifah mengatakan bangunan sekolah mulai rusak sejak enam tahun terakhir kondisi kerusakan semakin parah.

"Sekarang ini kondisinya sudah parah. Kalau pas hujan dan angin, anak-anak kami bawa keluar, karena takut bangunannya runtuh. Takut kami anak-anak tertimpa. Atap juga banyak yang bocor," ucap Siti Asrifah.

Ia mengaku sudah mengusulkan bantuan kepada Dinas Pendidikan setempat, namun belum ada tindak lanjut.

"Kami hanya bisa berusaha menyampaikan usulan pembangunan sekolah kepada pihak desa dan pihak Dinas Pendidikan. Tapi, nampaknya belum ada tindak lanjut," kata Siti Asrifah.

Sementara itu, Kepala Desa Rambah Jaya, Gumono mengaku sudah mengusulkan bantuan pembangunan SDN 010 kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hulu.

"Saya tak bosan-bosan mengusulkan pembangunan sekolah yang rusak ini, tapi sampai sekarang tidak juga direalisasikan," katanya.

"Jadi, saya sangat berharap kepada pihak terkait harus segera memperbaiki bangunan sekolah ini. Karena, kondisinya sudah parah," tutupnya.(ded)

Jumat, 20 Desember 2022 - 21:09 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru