Wartawan Salah Satu Pilar Menjaga Norma-norma Adat dan Budaya

Sabtu, 26 November 2022 - 15:51 WIB Budaya

Berita Terkait

Wartawan Salah Satu Pilar Menjaga Norma-norma Adat dan Budaya Pembukaan Orentasi Adat Insan Pers yang ditaja LAMR.

PEKANBARU- Wartawan menjadi bagian terpenting dalam menyampaikan norma-norma adat istiadat dan budaya kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Ketum DPH LAMR Datuk Seri Taufik Ikram Jamil saat membuka sesi dialog orientasi adat bersama insan pers yang ditaja Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), di Balai Adat Melayu Riau, Sabtu (26/11/2022).

Datuk Seri Taufik Ikram Jamil mengatakan, wartawan salah satu pilar atau ujung tombak dalam menyampaikan nilai-nilai adat, karenanya keberadaan wartawan sangat penting dalam kehidupan berbudaya.

“Inilah salah satu tujuan dilaksanakan perhelatan orientasi adat insan pers ini. Bukan lantaran latar belakang saya sebagai wartawan,” ucap Datuk Seri Taufik Ikram.

Sementara itu, dalam arahanya Ketum MKA Datuk Seri Marjohan Yusuf mengucapkan terima kasih kepada insan pers karena sudah “mewakafkan” waktu untuk hadir dalam perhelatan ini.

“LAMR ini seperti dikatakan Datuk Seri Taufik Ikram Jamil, adalah rumah besar kita. Jadi silakan insan pers datang ke rumah adat ini,” ujar Marjohan.

Secara singkat Datuk Sri Marjohan menjelaskan keberadaan LAMR adalah upaya membangkit batang terendam. Tugas dan fungsinya, mengembangkan dan memelihara adat istiadat, budaya, dan hak-hak masyarakat adat.

“Dalam tubuh LAMR ada tiga unsur yakni, Dewan Kehormatan Adat (DKA), Dewan Pimpinan Harian (DPH), dan Majelis Kerapatan Adat (MKA),” ucap Marjohan.

Orientasi Adat Insan Pers menghadirkan narasumber M Agar Kalipke, Syaiful Anuar, dan Alang Rizal. (*)

Sabtu, 10 Juni 2021 - 15:51 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru