HUT PGRI dan HGN 2022, SDN 009 Pulau Birandang Gelar Penampilan Bakat Murid

Minggu, 27 November 2022 - 18:00 WIB Pendidikan

Berita Terkait

HUT PGRI dan HGN 2022, SDN 009 Pulau Birandang Gelar Penampilan Bakat Murid Ist Guru dan Kepala UPT SDN 009 Pulau Birandang saat peringatan HUT PGRI dan HGN 2022.(Foto: Ist)

KAMPAR- Bersempena dengan peringatan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022, UPT Sekolah Dasar negeri (SDN) 009 Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar menggelar kegiatan penampilan bakat Murid, Sabtu (26/11/2022).

Sebelum kegiatan penampilan bakat yang dilaksanakan di SDN 009 Pulau Birandang, terlebih dahulu dilaksanakan upacara, di mana seluruh petugasnya adalah para guru dengan pembina upacara Kepala UPT SDN 009 Pulau Birandang.

Dalam penampilan bakat tersebut, para murid Kelas I sampai Kelas VI menampilkan bakat yang dimiliki di bidangnya masing-masing. Seperti tarian kreasi daerah di antaranya tarian Ampar-ampar Pisang dari Kalimantan Selatan, tari kreasi Manuk Dadali dari Jawa barat.

Ada pula murid Kelas IV yang membawakan tari kreasi bertema Guruku Sayang. Tarian ini cukup menarik dan mendapat perhatian. Selanjutnya, murid Kelas V SDN 009 Pulau Birandang yang mendeklamasikan puisi dan ungkapan kepada guru.

"Sedangkan murid Kelas VI membawakan pidato tentang perjuangan guru dan ungkapan terima kasih kepada para guru," terang Tri Nurmala Dewi, Kepala UPT SDN 009 Pulau Birandang.

Selain tarian, para murid juga membawakan pantun bertema pendidikan dan guru. Seperti diketahui, pantun merupakan salah satu kearifan lokal budaya Riau.

Kepala SDN 009 Pulau Birandang menjelaskan, penampilan anak didiknya ini merupakan hasil dari pembiasaan pengembangan diri yang dilakukan setiap hari xsebelum dimulainya pembelajaran.

Kegiatan pengembangan diri tersebut yakni, setiap hari Senin dilaksanakan upacara bendera, Selasa pantun dan syair, Rabu lagu nasional, Kamis pidato dan puisi, Jumat pembiasaan agama dan Sabtu pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan

"Kita melaksanakan kegiatan pengembangan diri ini 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Penampilan mereka hari ini adalah hasil dari kegiatan pengembangan diri tersebut," tutur Tri Nurmala Dewi.(Andi)

Minggu, 07 November 2022 - 18:00 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru