5 Bangunan yang Terlihat dari Antariksa, Tak Ada Tembok China

Senin, 28 November 2022 - 09:36 WIB Iptek

Berita Terkait

5 Bangunan yang Terlihat dari Antariksa, Tak Ada Tembok China Foto: Sungai Nil, Laut Merah dan Laut Mediterania (10/6/2019) (Johnson/Nasa)

JAKARTA - Sejumlah bangunan bisa dilihat secara jelas jauh di luar angkasa sana. Bahkan dapat diamati tanpa bantuan alat apapun, atau hanya dengan mata telanjang.

Namun sebagai permulaan mari samakan dulu pengertian atmosfer berakhir dan dimulainya antariksa yang melalui Garis Karman. Garis itu diberi nama sesuai dengan fisikawan, Theodore von Karman. Menurut laman Space, Garis Karman berada di 100 kilometer di atas permukaan Bumi.

Bangunan-bangunan yang terlihat memang berukuran besar. Namun ternyata tak semua bangunan besar bisa dilihat dari antariksa.

Tembok Besar China, misalnya, yang awalnya dianggap bisa terlihat ternyata tidak. Mantan Komandan ISS, Chris Hadfield mengonfirmasinya dan menuliskan dalam tweet-nya bangunan tersebut 'terlalu sempit + mengikuti kontur & warna alami' geografi.

Struktur Bumi Terlihat dari Luar Angkasa
1. Bingham Canyon Mine

Pertambangan ini berada sekitar 32 km tenggara Salt Lake City. Lokasi tersebut kabarnya bukan hanya terlihat dari Garis Karman tanpa bantuan alat namun juga dari atas pesawat ulang alik NASA yang terbang antara 305-531 km di atas permukaan laut.

2. Three Gorges Dam

Bendungan Three Groges Dam terletak di Sungai Yangtze China. NASA mengungkapkan bendungan itu bisa terlihat dari luar angkasa. Tingginya mencapai 185 meter dengan panjang lebih dari 2 km, ungkap laporan France 24.

Bendungan itu merupakan fasilitas penghasil listrik terbesar dunia. Three Gorges Dam disebut sebagai bendungan pembangkit listrik tenaga air termahal yang pernah dibangun.

3. Palm Jumeirah Dubai

Palm Jumeirah Dubai merupakan hamparan pulau buatan. NASA mengklaim ini dapat terlihat dari Garis Karman.

Selain itu astronaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dapat melihatnya dengan bantuan lensa 800 mm. Sebagai informasi, ISS mengorbit dengan ketinggian rata-rata 400 km di atas permukaan laut.

4. Jalanan di Daerah Tandus

Hadfield mengatakan beberapa jalan raya dapat terlihat langsung dari antariksa. Khususnya yang melewati daerah tandus seperti gurun dan bergantung pada kondisi dan cahaya.

5. Piramida Giza

Terdapat dua pendapat mengenai Piramida Giza bisa terlihat dari antariksa atau tidak. Salah satunya astronaut asal Inggris, Tim Peake mengatakan tidak bisa tetapi struktur masif bisa terlihat dengan jelas melalui lensa 800 mm.

Sebaliknya bekas astronaut NASA dan komandan ISS, Leroy Chiao mengatakan bisa melihat piramida saat berada di orbit. "Ada banyak yang bisa dilihat dari ISS, bahkan dengan mata telanjang," ucapnya.

"Misalnya pernah menemukan piramida besar dengan telefoto dan bisa memilih dua yang besar dengan mata telanjang, selama pencahayaan dan kondisi cuaca baik, sebagai dua titik kecil".

(sumber: CNBCIndonesia.com)

Senin, 22 Juli 2018 - 09:36 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru