Lift di Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah Jadi Wahana Wisata Pengunjung Tour de Siak

Rabu, 30 November 2022 - 22:09 WIB Wisata

Berita Terkait

Lift di Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah Jadi Wahana Wisata Pengunjung Tour de Siak Lift yang terdapat pada Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah jadi wahana wisata pengunjung Tour de Siak 2022.

PEKANBARU - Para pebalap sepeda akan beradu cepat saat event Tour de Siak di Kabupaten Siak, Riau yang akan dibuka Kamis (1/12) besok. Sejumlah tempat wisata akan memanjakan pengunjung dan pebalap untuk dinikmati pemandangannya.

Selain Istana Siak peninggalan Kerajaan Siak, Dinas PU setempat juga menyajikan lift Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah yang dibuka dan menjadi ikon Siak. Para tamu Pemkab Siak diperbolehkan menaiki lift jembatan satu-satunya di Riau itu.

Kadis Pekerjaan Umum Pemkab Siak Irving Kahar Arifin mengatakan, jembatan dengan tinggi 73 meter tersebut selesai dikerjakan sejak 2021 lalu. Namun, lift belum dibuka untuk umum karena Peraturan Bupati tentang Retribusi tarif belum siap.

"Tetapi khusus Tour de Siak, lift setinggi 73 meter itu akan dibuka untuk peserta dan tamu yang datang. Sungai dan Kota Siak akan terlihat dari atas lift itu," kata Irving saat dihubungi Rabu (30/11/2022).

Irving menjelaskan, untuk ruang menara tercatat memiliki luas 17,2 meter kali 5,8 meter atau 99,76 meter persegi. Jika pengunjung ingin sampai puncak menara hanya membutuhkan waktu sekitar 1,22 menit.

"Waktu yang dibutuhkan 1,22 menit naik dari bawah sampai ke atas," kata Irving.

Irving menyampaikan, lift jembatan itu dibangun dengan kapasitas 1000 kilogram atau 15 orang. Untuk luas kabin lift yakni 2,46 meter kali 1,03 meter atau 2,53 meter persegi.

"Kondisi lift bisa menampung 15 orang untuk satu kali naik dan turun. Memang lift jembatan ini didesain untuk penumpang," jelas Irving.

Irving memastikan lift akan dibuka untuk peserta dan tamu saat Tour de Siak. Bahkan terlihat lift sudah mulai naik turun dari bawah ke menara malam hari dengan pantulan cahaya lampu merah.

"Untuk jembatan sebenarnya sudah bisa digunakan. Namun kalau dibuka untuk umum harus ada Perbup, maka untuk event ini jembatan kita buka untuk tamu-tamu dan peserta," terangnya.

Dalam jadwal, pelaksanaan Tour de Siak dilaksanakan pada 1-4 Desember 2022 mendatang. Tour de Siak diawali dengan parade atlet dan opening ceremony pada 1 Desember 2022 di Kota Pusaka tersebut.

Kemudian, pada 2 Desember peserta akan melalui etape pertama, 3 Desember etape dua dan 4 Desember etape tiga. Lalu untuk closing ceremony Tour de Siak akan dilaksanakan di Pekanbaru.

Tour de Siak terdiri dari tiga etape. Pertama Siak City Race sepanjang 84 km etape kedua Siak sampai Pekanbaru sepanjang 130 km, dan etape ketiga yakni City Race di Pekanbaru sepanjang 120 km.

Keindahan Istana Siak yang menjadi favorit daerah Siak, para pengunjung juga disajikan spot wisata lainnya. Spot tersebut yakni Istana Siak, Mesjid Syahabudin atau Masjid Sultan, Balai Kerapatan Sultan, Turap Kampung Rempak, Mesjid Islamic Centre, Waterpark Siak dan terakhir Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah.

(mcr)

Rabu, 23 Juli 2022 - 22:09 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru