200 Mahasiswa Ikuti Festival Program Wirausaha Merdeka Aksi Pemuda Tahun 2022

Kamis, 01 Desember 2022 - 06:52 WIB Ekbis

Berita Terkait

200 Mahasiswa Ikuti Festival Program Wirausaha Merdeka Aksi Pemuda Tahun 2022 Dr Alvi Furwanti

PEKANBARU - Kabar baik bagi kaula muda Provinsi Riau, Universitas Riau mengadakan rangkaian Festival Wirausaha Merdeka (WMK) Aksi Pemuda Tahun 2022, dipusatkan di halaman Gedung Rektorat Kampus Bina Widya Unri. 

Panitia menyampaikan Festival ini akan digelar selama tiga hari pada Sabtu sampai Senin (3-5) mendatang.

Ketua Program Wirausaha Merdeka Akselerasi Pertumbuhan Enterpreneur Muda (WMK Aksi Pemuda) Unri Dr Alvi Furwanti SE MM CMM CIQnR, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Festival ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa," kata Dr Alvi Furwanti di gedung Rektorat,  Kamis (30/11/2022).

Dr Alvi mengungkapkan, pelaksanaan Festival Wirausaha Merdeka (WMK) Aksi Pemuda Tahun 2022 ini menandakan Unri sebagai satu diantara Perguruan Tinggi penyelenggara yang bertujuan ikut serta dalam mendukung tumbuh kembangnya wirausaha ditingkat mahasiswa. 

Pelaksanaannya yang diinisiasi Unri diberi tema "Akselerasi Pertumbuhan Entrepreneur Muda Universitas Riau yang disebut WMK AKSI PEMUDA".

"Program ini berisikan bentuk pembelajaran wirausaha berupa persiapan pengetahuan kewirausahaan (matrikulasi), praktik langsung berwirausaha yang dilakukan secara terencana dan implementasi program wirausaha berupa festival WMK AKSI PEMUDA Unri yang meliputi ide bisnis dan launching produk kepada customer dan investor," sebut Alvi.

Bagi mahasiswa sendiri, akan dapat mengingatkan kembali pentingnya mengembangkan mental wirausaha, memberikan ilmu dan pemahaman serta praktik langsung di UMKM, dan membantu mengkreasikan ide bisnisnya ke dalam program. 

Unri juga membentuk portofolio program wirausaha, dengan melakukan inovasi pada program wirausaha merdeka yaitu suatu program menerjunkan langsung semua mahasiswa yang menjadi peserta ke dalam dunia usaha melalui kegiatan praktek UMKM.

"Artinya festival ini juga tujuan memantik lebih banyak jiwa kewirausahaan dan memberikan motivasi dalam kurikulum pelaksanaannya," imbuhnya.

Dalam pelaksanaannya, terdapat ribuan peserta yang mengikuti festival ini diantaranya dari Program Diploma Tiga (D-3), Program Strata Satu (S-1), dan Progam Strata Dua (S-2). 

Terakhir jelas Alvi, wirausaha merdeka ini merupakan satu percontohan kegiatan kewirausahaan pada kegiatan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

"Ini akan menjadi model bagi Unri dan kampus lain yang berpartisipasi pada program ini," beber Alvi.

Ditempat yang sama, koordinator teknis kegiatan Dr Eka Armas Pailis turut menjelaskan, bahwa melalui kegiatan Wirausaha Merdeka, para mahasiswa berkesempatan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, soft skills dan kemampuan manajerial.

Harapannya dengan kegiatan ini, juga dapat mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa yang dapat diakui dan disetarakan hingga 20 SKS perkuliahan.

Senada dikatakan Dr Eka, Festival WMK Aksi Pemuda Tahun 2022 ini, juga menampilkan prototipe produk merupakan hasil ide-ide kreatif mahasiswa WMK AKSI PEMUDA. 

"Sebanyak 200 Kelompok akan dibagi menjadi 5 peserta satu kelompok yang akan menampilkan hasil prototipe produk yang didanai oleh Kementerian di festival WMK AKSI PEMUDA tahun 2022 ini," tambah Dr Eka.

Sedangkan untuk puncak acara WMK AKSI PEMUDA tahun 2022 ini, akan dilaksanakan pada hari Senin 5 Desember 2022.

"Acara puncak nanti akan dilaksanakan penyerahan anugerah kepada peserta yang telah mengikuti Program Wirausaha Merdeka," tutupnya.

(mcr)

Kamis, 11 November 2020 - 06:52 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru