Ikuti Rakornas Investasi 2022, Alfedri: Investasi di Kabupaten Siak Meningkat

Jumat, 02 Desember 2022 - 23:19 WIB Pemerintahan

Berita Terkait

Ikuti Rakornas Investasi 2022, Alfedri: Investasi di Kabupaten Siak Meningkat Foto: Diskominfotik Siak

SIAK - Bupati Siak Alfedri mendengarkan secara langsung arahan Presiden Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi tahun 2022, yang berlangsung di The Ritz – Carlton Jakarta, Mega Kuningan, Kota Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Dalam Rakornas tersebut, Presiden Jokowi mengingatkan seluruh jajarannya bahwa situasi dunia saat ini tidak mudah akibat berbagai krisis yang melandanya mulai dari krisis energi, krisis pangan, hingga krisis finansial.

“Pak presiden menyampaikan saat ini, kita berada pada posisi yang sangat sulit. Urusan inflasi, urusan pertumbuhan ekonomi yang anjlok, urusan krisis energi, urusan krisis pangan yang diikuti dengan sulitnya mencari pupuk, krisis finansial, semuanya menghantui semua negara,” ujar Bupati Alfedri saat mengulang arahan Presiden.

Presiden juga menyampaikan daerah agar tidak mempersulit investasi yang akan masuk. Menurut Presiden, saat ini Indonesia telah mendapatkan kepercayaan dari para investor untuk menanamkan investasinya.

“Investasi jangan sampai ada yang terganggu. Kepercayaan yang sudah kita dapatkan jangan sampai hilang. Gara-gara kita salah men-treatment, salah memperlakukan investasi yang masuk ke negara kita karena ketatnya persaingan dalam merebut investasi,” tegas Presiden.

Bupati Alfedri juga menjelaskan terkait realisasi investasi di kabupaten Siak dari tahun 2020, hingga tahun 2022, mengalami peningkatan.

”Alhamdulillah, selama 3 tahun berturut-turut, Realisasi Investasi di Kabupaten Siak terus meningkat. Dengan rincian ditahun 2020, target Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar 1.5 Triliun, dan terealisasi sebesar 3.5 Triliun. Sedangkan target Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 100 Miliar, dan terealisasi sebesar 255 Miliar”, jelas Bupati Alfedri.

Untuk tahun 2021, target Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar 3.4 Triliun, dan terealisasi sebesar 4.1 Triliun. Sedangkan target Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 150 Miliar, dan terealisasi sebesar 544 Miliar.

“Sementara ditahun 2022, target Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar 4.5 triliun, dan terealisasi sebesar 5.2 triliun. Sedangkan target Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 1 Triliun, dan terealisasi sebesar 1.2 Triliun”, ujarnya.

Alfedri juga menyampaikan, untuk terus meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik, Kabupaten Siak sekarang sedang membangun Mall Pelayanan Publik.

“Nantinya, Mall Pelayanan Publik tersebut akan menyediakan semua pelayanan. Jadi untuk mengurus berbagai pelayanan cukup datang di satu tempat”, ucapnya.

Bupati Alfedri hadiri pada Rakornas Inflasi di dampingi Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)  Siak. Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia tersebut, mengambil Tema “Hilirisasi dan Kemitraan untuk Investasi Berkeadilan”.

Rakornas Investasi tahun 2022 yang di buka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dihadiri oleh beberapa Menteri diantaranya Menteri Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal RI Bahlil Lahadalia, Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI Abdullah Azwar Anas, dan beberapa Menteri lainnya.(inf/siak)

Jumat, 06 November 2022 - 23:19 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru