Dosen Elektro Polbeng Terapkan Videotron Berbasis Internet of Things

Jumat, 02 Desember 2022 - 23:24 WIB Iptek

Berita Terkait

Dosen Elektro Polbeng Terapkan Videotron Berbasis Internet of Things

BENGKALIS - Dalam melaksanakan penelitian skema penugasan yang diselenggarakan oleh pusat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (P3M), Politeknik Negeri Bengkalis bersama 4 orang dosen dan 1 orang laboran Teknik Tlektro menerapkan Videotron berbasis IoT sebagai media informasi digital dilingkungan Politeknik Negeri Bengkalis, Kamis, 1 Desember 2022.

Penelitian yang di ketuai oleh Jefri Lianda beranggotakan M. Nur Faizi, Marzuarman, Syaiful Amri dan 1 orang laboran Azizul.

Videotron merupakan sebuah panel layar yang menggunakan teknologi lampu LED. saat ini Videotron sudah banyak digunakan dikota besar, industri, perkantoran dan sebagainya dimana Videotron sebagai pengganti media iklan konvensional seperti baliho atau spanduk.

Dengan diterapkan media informasi digital ini, selain memperindah view atau tampilan dilingkungan kampus Polbeng, juga dapat memudahkan tim humas untuk menyampaikan informasi hanya dengan mengupload video melalui jaringan WiFi yang berbentuk informasi, pengumuman dan lain sebagainya kepada civitas akademi Polbeng dan masyarakat sekitar.

“Komponen Videotron yang diterapkan ini terdiri dari beberapa perangkat elektronika seperti power supply, modul LED tipe outdoor, controller yang dapat terkonfigurasi dengan WiFi, dan komponen elektronika lainnya. Sementara kontruksi atau rangka dari Videotron tersebut berlapiskan atau di cover menggunakan Aluminium Composite Panel (ACP) sehingga menjadikan tampilan media informasi digital tersebut terlihat minimalis. Desain tersebut atas kesepakatan dan koordinasi dengan kepala pusat P3M Polbeng” Ungkap Tim Peneliti M. Nur Faizi.

Sementara itu Jefri Lianda selaku ketua Tim menjelaskan dengan adanya skema penelitian penugasan atau penelitian lainnya yang diakomodir oleh pusat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (P3M) polbeng terus berbenah untuk memanfaatkan teknologi demi kemajuan polbeng dalam hal perkembangan teknologi yang saat ini terus berkembang.(*)

Jumat, 01 Mei 2018 - 23:24 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru