Hapanasan, Wisata Pemandian Air Panas yang Memikat Hati di Rokan Hulu, Riau

Selasa, 13 Desember 2022 - 19:39 WIB Wisata

Berita Terkait

Hapanasan, Wisata Pemandian Air Panas yang Memikat Hati di Rokan Hulu, Riau ded/RE

ROHUL, kabarmelayu.com - Deretan pohon karet dan sawit tegak menjulang mengiringi perjalanan menuju 2 lokasi wisata pemandian air panas Hapanasan yang berada di perbatasan 3 desa, yakni Desa Silang Jaya, Desa Rambah Tengah Hulu dan Desa Rambah Tengan Barat serta air panas Suaman (Lama) yang berada di Desa Rambah Tengah Hulu Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Suara kendaraanpun menapaki jalanan aspal dan berbatuan. Terlihat, di bawah naungan pohon masyarakat sedang mandi di lokasi tersebut. Sesekali, pengunjung berenang di dalam air Hapanasan serta mandi di bawah pancuran air panas Suaman. Setelah merasa kepanasan, ia bangkit dan duduk. 

Jika tubuh merasa penat sangat cocok berkunjung ke kawasan wisata air panas Hapanasan dan Suaman yang berada berdekatan di lokasi yang masih asri dan tentu saja sejuk.

Merendam kaki dan tubuh di air hangat yang suam-suam kuku dari sumber air panas alami, tentunya akan mampu merilekskan tubuh dan pikiran.

Suhu air panas yang tersedia di lokasi Hapanasan juga cukup bervariasi, mulai dari 56 hingga 60 derajat celcius yang telah dibuatkan kolam yang telah disekat, dan air panas langsung dialirkan melalui pipa masuk ke dalam kolam pemandian.

Sementara itu, di air panas Suaman, anda bisa mandi di bawah pancuran yang terbuat dari pipa yang telah di sekat dengan tembok dan di bawah pemandian itu, terlihat dialiri oleh sungai suaman. Jika membawa anak-anak, anda bisa menggunakan pelampung yang telah disiapkan oleh pengelola untuk digunakan.

Siang itu, Riko (33), salah seorang warga Pasirpengaraian yang berkunjung kelokasi air panas Suaman mengatakan, dia baru pertama kali berkunjung setelah pandemi Covid 19.

Bagi Riko, mandi di mata air panas alami bermanfaat mengembalikan kesegaran tubuh, meregangkan otot yang tegang dan membuat tubuh lebih rileks.

“Saya baru pertama kali kesini setelah pandemi. Jika sudah mandi disini, badan terasa enak,” kata Riko, Senin (12/12/2022).

Banyak Manfaat

Untuk masuk ke lokasi wisata itu, kita cukup merogoh biaya masuk Rp 5.000 dan anak-anak Rp 3.000. Kondisi tempat pemandian air panas itu memang menarik. Warga lokal dilibatkan sebagai juru parkir dan tenaga kebersihan.

Syuhdi Nasution (51), petugas objek wisata air panas Hapanasan menceritakan tentang lokasi tersebut.

"Air panas Hapanasan ini diperkirakan dibuka untuk umum sekitar tahun 2011. Dimana di lokasi itu ada tiga kolam, dua untuk orang dewasa yang telah di campur air panas dan satu kolam air dingin untuk anak-anak dan tidak ada di campur air panas,” jelas Syuhdi Nasution.

“Jika air yang 56 hingga 60 derajat celcius tidak bisa digunakan untuk berendam, tetapi jika ingin di gunakan untuk mencuci tangan atau kaki bisa,” tambahnya.Dia juga menjelaskan manfaat mandi di air panas itu.

"Manfatnya sangat banyak, bisa menyembuhkan penyakit kulit, struk ringan, asam urat dan yang lainnya pak,” jelasnya.

Ia juga berharap kedepan pengunjung ke air panas dapat meningkat.“Saya berharap, kedepan pengunjung dapat meningkat seperti sebelum adanya Covid 19,” harap Syuhdi Nasution.

Bagi anda yang beragama islam, pihaknya juga menyediakan tempat ibadah, sembari menikmati wisata Hapanasan.(ded)

Selasa, 03 Juni 2022 - 19:39 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru