Hari Ini Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Senin, 19 Desember 2022 - 08:08 WIB Nusantara

Berita Terkait

Hari Ini Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono Jadi Panglima TNI Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono bersiap mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (2/12/2022). Laksamana TNI Yudo Margono merupakan calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan akan melantik Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI. Pelantikan akan dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta, hari ini Senin, (19/12/2022) pukul 11.30 WIB.

"Iya (pelantikan Panglima TNI Senin 19 Desember 2022)," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin saat dikonfirmasi Liputan6.com, Minggu (18/12/2022).

Sebelumnya, DPR RI telah mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun. 

Usai disahkan lewat paripurna, Yudo menyatakan akan melanjutkan dan meningkatkan hal yang sudah dilakukan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Saya akan melanjutkan dan tentunya akan meningkatkan hal-hal yang sudah dilaksanakan Panglima Jenderal Andika Perkasa," kata Yudo Margono di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (13/12/2022).

Yudo berjanji akan melaksanakan tugas sebagai panglima dengan tanggung jawab penuh. "Saya akan laksanakan dengan penuh tanggung jawab," ucapnya.

Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. Persetujuan itu didapatkan usai fit and proper test yang digelar Jumat (2/12/2022).

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI," kata Ketua Komisi I Meutya Hafid, Jumat (2/12/2022).

"Setuju," jawab anggota komisi I.

Presiden Jokowi mengungkapkan salah satu alasan pengajuan Laksamana TNI Yudo Margono yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) adalah rotasi matra.

Rotasi Matra
Adapun jabatan Panglima TNI saat ini diisi oleh Jenderal Andika Perkasa yang berasal dari TNI Angkatan Darat. Sementara itu, sebelumnya lagi oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang berasal dari TNI Angkatan Udara.

"Satu, yang kita ajukan satu (calon), KSAL yang sekarang karena memang kita rotasi matra," ujar Jokowi kepada wartawan di Rumah Adat Radakng Kota Pontianak Kalimantan Barat, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Selasa (29/11/2022).


(Liputan6.com)

Senin, 12 Agustus 2022 - 08:08 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru