Aneh Tapi Nyata, Salju Turun di Arab Saudi

Kamis, 29 Desember 2022 - 19:41 WIB Mancanegara

Berita Terkait

Aneh Tapi Nyata, Salju Turun di Arab Saudi Foto: Warga Saudi mencairkan salju untuk membuat kopi di Jabal al-Lawz (Gunung Almond), sebelah barat kota Tabuk di Saudi pada 17 Januari 2022. (AFP via Getty Images/IBRAHIM ASSIRI)

JAKARTA - Arab Saudi selama ini dikenal sebagai negara yang cukup panas. Namun ternyata, ada sejumlah wilayah Saudi yang juga merasakan musim dingin bahkan dengan salju yang berjatuhan.

Saudi Press Agency (SPA) menjelaskan bahwa salju dan musim dingin akan sangat terasa di Gunung Al Lawz di wilayah Tabuk. Area ini terletak 1.000 km dari kota Jeddah.

"Daerah tersebut menyaksikan hujan salju Senin malam. Fenomena ini pun menarik wisatawan dari seluruh wilayah serta penduduk untuk melihat pegunungan yang tertutup putih," tulis media resmi Arab Saudi itu dikutip, Kamis (29/12/2022).

Salju sendiri beberapa kali turun di wilayah barat laut Alkan dan Gunung Al Lawz. Namun, salju jarang mencapai bagian selatan Tabuk, tempat Pegunungan Harrah berada.

"Hujan salju di Wilayah Utara Kerajaan, terutama Pegunungan Al-Lawz dan daerah sekitarnya, bergantung pada dua faktor utama yakni pergerakan cekungan kutub dan kelembapan yang sesuai," ujar seorang juru bicara Pusat Meteorologi Nasional di Wilayah Utara seperti diwartakan Arabian Business.

Riyadh sendiri berencana mengubah wisata gunung dengan resor ski di Barat Laut negara itu. Kota besar senilai US$ 500 miliar yang saat ini sedang dibangun, NEOM, nantinya akan mencakup resor ski Trojena.

Pada tahun 2029 tempat itu akan menjadi tuan rumah Asian Winter Games. Hal ini merupakan rekor bagi wilayah Timur Tengah yang biasanya panas.

(sumber: CNBCIndonesia.com)

Kamis, 25 September 2022 - 19:41 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru