Polbeng Realisasikan Magang 1 Tahun D2 Fast Track

Rabu, 11 Januari 2023 - 20:09 WIB Pendidikan

Berita Terkait

Polbeng Realisasikan Magang 1 Tahun D2 Fast Track Foto: Diskominfotik Bengkalis

BENGKALIS - Program D2 fast track tahun pertama telah mulai merealisasikan program kegiatan magang di industry selama satu tahun.

Program D2 fast track ini merupakan program dari pemerintah untuk menghasilkan lulusan SMK dengan jenjang yang lebih tinggi yaitu D2.

Pada dasarnya harus ditempuh dalam waktu dua tahun tapi dipersingkat menjadi 1,5 tahun. Setengah tahun nya di rekognisi dari pembelajaran yang telah diperoleh di SMK.

Mahasiswa rekrutan D2 ini berasal dari SMK dengan jurusan yang linier dengan jurusan yang ada di Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng), karena saat mahasiswa masuk di prodi tersebut mata pelajaran yang sudah dipelajari di bangku SMK bisa di akui setelah melalui proses asesmen oleh pihak prodi.

Sampai saat ini Polbeng memiliki 3 prodi D2 Fast track yaitu, Prodi D2 Teknik Manufaktur Mesin dibawah jurusan Teknik Mesin, Teknik Pengelasan dan Fabrikasi dibawah jurusan Perkapalan, dan D2 Teknik Informatika di bawah jurusan Teknik Informatika.

Pembekalan mahasiswa teaching industry prodi D2 Fastrak Teknik Manufaktur Mesin dan Teknik Pengelasan dan Fabrikasi.

Kemudian pada tanggal 9 Januari 2023, dua prodi D2 Polbeng yaitu Prodi D2 Teknik Manufaktur Mesin, dan Teknik Pengelasan dan Fabrikasi, mengantarkan 6 orang mahasiswa masing-masing 3 dari D2 Teknik Manufaktur Mesin dan 3 lainnya dari Teknik Pengelasan dan Fabrikasi untuk melaksanakan perkuliahan teaching industry di PT RAPP,

ketua prodi D2 Teknik Pengelasan dan Fabrikasi juga berharap profil lulusan yang kompeten dan siap pakai seperti keinginan prodi bisa tercapai selama proses teaching industry," kata Jupri selaku ketua prodi D2 Teknik Pengelasan dan Fabrikasi.

Selama proses teaching industry mahasiswa diberikan fasilitas mes oleh pihak PT RAPP. Mahasiswa D2 fast track ini benar-benar istimewa, di izinkan magang di PT sebesar RAPP selama setahun dan diberikan fasilitas pula,"ungkap Abdul Gafur.

Direktur politeknik negeri Bengkalis Johny Custer berharap dengan model pembelajaran diharapkan alumni atau masa tunggu mahasiswa untuk bekerja lebih cepat.

“mudah-mudahanan pihak industry mau langsung menggunakan jasa mahasiswa kami setelah mereka selesai teaching industry," kata direktur Polbeng.

Proses belajar di industry ini tidak serta merta dilepaskan ke pihak industry tapi dosen prodi D2 juga akan selalu memantau perkembangan dan mengevaluasi hasil belajar di industry apakah sudah sesuai dengan capaian pembelajaran yang di inginkan atau belum.(inf/dkf)

Rabu, 20 Desember 2022 - 20:09 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru