Tahura SSH Bakal Jadi Pusat Edukasi Alam

Kamis, 12 Januari 2023 - 11:43 WIB Lingkungan

Berita Terkait

Tahura SSH Bakal Jadi Pusat Edukasi Alam Tahura SSH Minas.(Foto: Google Map)

PEKANBARU - Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau menangkap peluang potensi pengembangan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasyim (SSH) untuk dijadikan pusat edukasi alam. Ada banyak keberagaman flora dan fauna di Tahura SSH ini serta lokasi yang dekat dengan Kota Pekanbaru.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, banyak pelajar asal Singapura yang belajar tentang alam di hutan di Provinsi Kepulauan Riau. Jika nantinya dapat dilakukan pendekatan, para pelajar tersebut dapat saja diarahkan untuk belajar ke Riau, yakni di Tahura SSH.

"Di Singapura tidak ada hutan, jadi pelajar di sana kalau mau belajar tentang hutan di Kepulauan Riau. Kita tawarkan hutan yang ada di Riau, yang dekat itu Tahura SSH yang hanya 30 menit dari Pekanbaru. Jadi Tahura SSH bisa dijadikan pusat edukasi alam," kata Syamsuar.

Tahura SSH terdapat di tiga wilayah, yaitu Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Siak. Syamsuar menuturkan, sewaktu masih menjadi Bupati Siak, ia ingin memanfaatkan Tahura untuk menjadi wilayah kawasan konservasi hutan sekaligus edukasi pariwisata, pendidikan dan lainnya bagi masyarakat.

"Setelah jadi Gubernur Riau, saya bilang ke Kadis LHK, tolong Tahura ini dimanfaatkan agar menjadi nilai tambah untuk wilayah Riau," kata Syamsuar.

Tahura ini hendaknya tetap mempertahankan dan menonjolkan ciri khas Riau. Baik satwa yang ada di dalamnya seperti burung serindit, tumbuh-tumbuhan bahkan dari segi bangunan gedungnya mencerminkan kebudayaan Melayu.(*)

Kamis, 07 September 2021 - 11:43 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru