3 Siswa UPT SMPN 1 Bangkinang Kota Ini Sukses Ukir Prestasi Olahraga

Jumat, 13 Januari 2023 - 22:00 WIB Pendidikan

Berita Terkait

3 Siswa UPT SMPN 1 Bangkinang Kota Ini Sukses Ukir Prestasi Olahraga Kepala UPT SMPN 1 Bangkinang Kota, Hj. Masniar bersama iga siswa-siswa yang berhasil mengukir prestasi hingga di bidang olahraga.(Foto: Ist)

KAMPAR - UPT Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar sejauh ini dikenal sebagai sekolah yang kerap mengukir berbagai prestasi hingga ke tingkat nasional. Di balik itu, SMPN 1 Bangkinang Kota juga memiliki siswa-siswi yang juga berprestasi di bidang olahraga bahkan hingga ke tingkat Nasional.

Adapun ketiga siswa-siswi tersebut yakni Nabil Khafillah Al-Qubro di cabor renang, Salwa Dekha Putri juga di cabor renang dan M. Fauzan Akbar di cabor panjat tebing.

Meski telah meraih prestasi di tingkat nasional, para siswa-siswi SMPN 1 Bangkinang Kota ini tetap tak melupakan kewajibannya secara akademik sebagai seorang pelajar untuk menuntut ilmu. Ketiganya juga dikenal sebagai siswa-siswi yang rendah diri.

Kepala UPT SMPN 1 Bangkinang Kota, Hj. Masniar, S.Pd, MM menyebutkan, pihak sekolah sangat mendukung setiap anak didiknya yang berprestasi. Tak hanya di bidang olahraga saja, namun juga bagi mereka yang berprestasi di bidang lainnya. 

"Pastinya kami akan sangat mendukung. Mereka mengharumkan nama sekolah," ujar Hj. Masniar.

Dirinya berpesan agar para siswa-siswi ini tetap fokus mengikuti setiap pertandingan pada cabang olahraga yang digelutinya, di satu sisi mereka juga tidak melupakan pelajaran.

Berikut profil dan prestasi tiga siswa-siswi SMPN 1 Bangkinang Kota tersebut:

Nabil Khafillah Al-Qubro
Nabil Khafillah Al-Qubro, siswa kelas IX F menuturkan perasaannya saat meraih gelar juara. Nabil merasa bahagia dan terharu atas upaya dan ketekunannya berlatih selama ini membuahkan hasil yang memuaskan.

"Saya mengikuti pertandingan-pertandingan dengan penuh semangat dan fokus agar mendapatkan hasil yang memuaskan," kata siswa kelahiran 8 Oktober 2007 ini.

Nabil mengakui, apa yang digelutinya saat ini sangat didukung oleh orang tua, guru, teman-teman serta sang pelatih. Orang tua Nabil Khafillah selalu menemani dirinya berlatih. Dengan dukungan orang-orang dekatnya tadi, Nabil bertekad mengukir prestasi hingga ke tingkat Internasional.

Setelah menyelesaikan pendidikan di SMPN 1 Bangkinang Kota, Nabil ingin melanjutkan pendidikan di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan. "Saya minta doa dan dukungan dari semua pihak," tutur Nabil yang pada tahun 2023 ini akan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Yogyakarta.

Dia berharap teman-teman khususnya yang hobi berolahraga agar bisa mengikuti jejaknya untuk mengukir prestasi. Caranya dengan menekuni hobi dan olahraga yang digeluti, berlatih dengan tekun, semangat dan tetap rendah diri dan tak sombong.

Adapun beberapa kejuaraan yang diikuti Nabil Khafillah Al-Qubro di antaranya:
1. Riau Aquatic Championship Se-Sumatera pada Maret 2022. Dalam pertandingan ini Nabil berhasil menyabet 1 medali emas, 3 perak dan 2 perunggu.

2. Kejurprov Renang Provinsi Riau pada Juni 2022. Nabil menyabet 1 medali perak dan 1 perunggu.

3. Kejurnas Renang Jakarta yang diselenggarakan Juli 2022 lalu. Pada Kejurnas ini Nabil berhasil duduk di ranking 6 tingkat Nasional.

4. Pada Porprov X Riau cabor Renang yang diselenggarakan pertengahan November 2022 lalu, Nabil berhasil menyabet 2 perak dan 3 perunggu.

5. Pada KCO DBON Renang Provinsi Riau 25 Desember 2022, Nabil juga sukses menyabet 3 emas dan 1 medali perunggu. 

6. Terakhir, di Payakumbuh Open Se-Sumatera yang digelar 20-22 Desember 2022 lalu di Provinsi Sumatera Barat, Nabil Khafillah Al-Qubro dengan gemilang menyabet 2 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu.

"Seorang pemenang tak akan pernah menyerah, dan orang yang menyerah tak akan pernah jadi pemenang," demikian motto Nabil Khafillah Al-Qubro, putra Kampar kelahiran Bangkinang 15 tahun lalu ini.

M. Fauzan  Akbar
M. Fauzan  Akbar, siswa kelas IX F SMPN 1 Bangkinang Kota ini menggeluti cabang olahraga panjat tebing. Fauzan turut mengharumkan nama Kabupaten Kampar pada Porprov X Riau di Kabupaten Kuantan Singingi, November 2022 lalu.

Di Porprov X Riau, Fauzan dengan sukses merebut dua medali emas. Ini tentunya suatu prestasi yang luar biasa bagi seorang remaja kelahiran Bangkinang, 2 Maret 2007 ini.

"Meraih 2 medali emas pada Porprov X Riau, tentunya menghadirkan perasaan bangga dan suatu kepuasan atas perjuangan dan pencapaiannya selama ini," ujar Fauzan.

Tak hanya bonus atas prestasinya, yang lebih berharga lagi dalam kejuaraan ini Fauzan banyak mendapatkan pengalaman dan teman baru. 

Tak cukup di tingkat provinsi Riau saja, di tingkat Nasional Fauzan berhasil duduk di peringkat kelima kategori Speed World Record se-Indonesia dalam Kejurnas KU Jawa Timur di Situbondo.

Fauzan mengaku selalu bersemangat mengikuti setiap pertandingan. Di tahun 2023 ini Fauzan juga akan mengikuti pra PON. 

"Setelah tamat di SMPN 1 angkinang Kota ini, saya ingin melanjutkan pendidikan di SKO Ragunan Pelatnas untuk mengejar cita-cita dan terus meraih prestasi," tutur Fauzan.

Kepada teman-temannya, Fauzan memotivasi untuk terus berlatih demi meraih prestasi gemilang. Dia berpesan agar jangan sombong dengan apa yang telah diraih.

"Mimpi menjadi kenyataan melalui keringat, tekad dan kerja keras," demikian motto remaja putra Kampar ini.

Salwa Dekha Putri
Salwa Dekha Putri adalah siswi SMPN 1 Bangkinang Kota yang duduk di Kelas IX E. Salwa mengikuti kejuaraan Igornas/DBON di Pekanbaru tahun 2022 lalu. Dalam kejuaraan tersebut, Salwa menyabet 2 emas dan 1 medali perunggu di cabor Renang.

Remaja kelahiran 13 Desember 2007 ini mengaku sangat senang dan bersemangat mengikuti berbagai pertandingan di bidang olahraga yang ditekuninya saat ini. 

"Bisa mendapatkan banyak teman," tuturnya.

Salwa berpesan kepada teman-temannya untuk terus mengasah bakat dan kemampuan untuk mengukir prestasi. "Jika memiliki bakat, kembangkan dan rajinlah berlatih," pesan Salwa Dekha Putri.
(Andi)

Jumat, 24 Desember 2022 - 22:00 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru