Pertama di Indonesia, PT Arara Abadi Sukses Gelar Uji Kompetensi Crew Leader RPK Dari LSPHI-BNSP

Senin, 16 Januari 2023 - 11:47 WIB Lingkungan

Berita Terkait

Pertama di Indonesia, PT Arara Abadi Sukses Gelar Uji Kompetensi Crew Leader RPK Dari LSPHI-BNSP Foto: Humas Arara/NH

PERAWANG, (16/01/2023) - Mengawali Tahun 2023, PT Arara Abadi yang merupakan salah satu unit usaha dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Regional Riau yang tergabung dalam Tim Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla di Riau telah melaksanakan Assesment dan Uji Kompetensi terhadap Crew Leader (Pemimpin Regu) RPK PT Arara Abadi APP Sinar Mas dari Lembaga Seritifikasi Profesi kehutanan Indonesia-Badan Nasional Sertifikasi Profesi (LSPHI-BNSP) Jakarta.

Bertempat di Pusat Training PT Arara Abadi APP Sinar Mas di Bunut Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, kegiatan yang dilaksanakan dengan sistim camp (classroom) sedari tanggal 09-14 Januari 2023 dibuka langsung oleh Corporate Fire Operation Management (CFOM) Head APP Sinar Mas, Sujica W.Lusaka.

Turut hadir Tim Assesor dari LSPHI-BNSP Dr.Ir. Novianto, Bambang Wawandono , MS.i, Ir. Harjanto Wahyu Sukotjo,MS.c, Public Relations PT Arara Abadi-APP Sinar Ir. Mas Nurul Huda, MH.,M.I.Kom, FOM Head PT Arara Abadi, Priyo S. Utomo, ST, Decha AF. Hane, S.Pd.

Sujica W. Lusaka dalam sambutan menyampaikan kepada seluruh crew leader yang jadi peserta agar fokus mengikuti uji kompetensi ini.

"Ini adalah untuk pertama kalinya dilaksanakan oleh private sector (perusahaan swasta) di Indonesia yang diikuti sebanyak 25 orang dari berbagai area operasional regional APP Sinar Mas, Riau, Jambi, Palembang, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat," ujar Sujica.

Selaku penanggung jawab CFOM, Sujica berharap semua peserta serius mengikuti uji kompetensi crew leader RPK ini, mengingat tantangan Elnino di tahun 2023 ini diprediksi akan lebih ekstrim dari tahun sebelumnya.

"Sesuai perintah dan arahan pimpinan tertinggi agar semua bagian-bagian di perusahaan APP Sinar Mas termasuk di FOM jangan ada kelalaian apalagi kesalahan.” kata Sujica.

Salah seorang Tim Assessor LSPHI-BNSP, Harjanto Wahyu Sukotjo sangat terkesan dengan kegiatan uji kompetensi yang dilaksanakan APP Sinar Mas.

Terkait assessment, Ia mengatakan telah melakukan test kepada peserta terkait peralatan dan penggunaannya. Bahkan telah melihat langsung kapasitas yang ada di distrik-distrik, baik tempat-tempat pemantauan, Pos menara, Pos penjagaan semua mencukupi dan memadai.

"Semua dalam kondisi baik, dan kepada peserta yang diassesi telah bisa mempersiapkannya, baik portofolionya, attitude maupun skill serta kemampuan pengetahuannya. Secara keseluruhan pelaksanaan uji kompetensi APP Sinar Mas ini berjalan dengan baik, dan ke depannya bisa dilanjutkan," harap Harjanto Wahyu Sukotjo.

Sementara, Fire Operation Management (FOM) Head PT Arara Abadi, Priyo S. Utomo didampingi Public Relation Nurul Huda kepada media mengatakan, sebagai bentuk tanggung jawab dan kompetensi perusahaan dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Riau, dan sebagai bagian dari Tim Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla di Riau yang dipimpin Gubernur Riau dan unsur Forkompinda Riau, selama ini seluruh anggota RPK FOM PT Arara Abadi telah tersertifikasi oleh badan terkait, Manggala Agni Wilayah Riau Kementerian LHK-RI dan khusus kegiatan kali ini diperuntukan kepada seluruh crew leader (pimpinan regu) RPK PT Arara Abadi-APP Sinar Mas.

"Pada prinsipnya seluruh crew leader selama ini juga FOM juga telah melakukan inhouse training internal perusahaan untuk semua crew leader yang ada. Oleh karena itu, selain untuk memenuhi regulasi pemerintah, kami juga ingin menguji kompetensi semua crew leader yang telah kami didik dan bina selama ini melalui LSPHI-BNSP," katanya.

"Semoga dengan mengikuti Uji kompetensi ini seluruh peserta dinyatakan kompeten oleh para penguji/assessor yang berasal dari LSPHI-BNSP, dan kegiatan ini akan kami laksanakan secara berkelanjutan baik dari tingkat crew leader hingga RPK," tuturnya.

Uji kompetensi ini diikuti bukan hanya Crew Leader RPK yang ada di Riau, tetapi juga dari Jambi, Palembang, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah.

Selain untuk menguji Kompetensi Mereka sebagai Crew Leader, kegiatan ini juga dijadikan sebagai Sharing Knowledge peserta dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla di masing masing areal yang menjadi tanggung jawab mereka.

"Saya berharap agar uji kompetensi ini dapat dilaksanakan terus menerus sehingga crew leader maupun RPK kita dinyatakan kompeten atas tugas dan tanggung jawab mereka oleh Pihak yang berwenang," ungkap Priyo.(*)

Senin, 09 September 2022 - 11:47 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru