Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Kesbangpol Pekanbaru Gelar Penyuluhan

Kamis, 14 Februari 2019 - 14:29 WIB Politik

Berita Terkait

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Kesbangpol Pekanbaru Gelar Penyuluhan fin/rec

PEKANBARU, kabarmelayu.com - Guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak 2019, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kota Pekanbaru menggelar penyuluhan kepada siswa SMA/SMK Negeri dan Swasta di kota Pekanbaru. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya pemilih pemula.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kesbangpol kota Pekanbaru M. Yusuf, disela-sela kegiatan penyuluhan dan sosialisasi Pemilu 2019 di Hotel Mutiara, Kamis (14/02/19)

"Kita memang ada program setiap Pilkada atau Pemilu kita adakan penyuluhan dengan beberapa tahap. Tahap pertama seperti pemilu pemula yang kita lakukan pada hari ini. Dan kemudian nanti penyuluhan kepada OKP, Ormas dan tokoh-tokoh agama. Hari ini kita melakukan penyuluhan kepada pemilih pemula tingkat SMA/SMK Negeri dan Swasta kota Pekanbaru", ucapnya.

Menurut M. Yusuf kegiatan ini bertujuan supaya pemilih pemula dapat memahami karena belum pernah memilih. Dan dia juga sebagai ujung tombak untuk menyampaikan kepada sekolah-sekolahnya.

"Masing-masing sekolah untuk anak kelas III, itu ada 300, 400. Makanya setiap sekolah kita undang 20 orang supaya diabisa menyampaikan sama kawan-kawannya", ungkapnya.

M.Yusuf yakin penyuluhan yang dilakukan pada hari ini sangat bermanfaat. Terlebih narasumber yang hadir ada dari KPU, Universitas Ilmu Politik dan termasuk dirinya dari pemerintah yang menyampaikan gambaran pemilu secara umum.

"Ini untuk mengantisipasi money politik. Karena anak generasi millenial seperti anak SMA sangat rawan dipengaruhi oleh oknum tertentu," katanya.

Badan Kesbangpol kota Pekanbaru kata M. Yusuf, menargetkan 750 siswa mengikuti penyuluhan yang digelar sejak 12 hingga 19 Februari 2019. 

Ia berharap, pemilu mendatang masyarakat dapat menggunakan haknya sebagai warga negara. Terutama bagi warga yang sudah punya KTP. Bagi yang sudah merekam E-KTP ujar M. Yusuf, dia boleh memilih dari pukul 12.00 hingga pukul 13.00 WIB, ucapnya. (fin)

Kamis, 28 September 2016 - 14:29 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru