Gubernur Riau Resmikan Jembatan Siak IV dan Dua Flyover

Kamis, 14 Februari 2019 - 14:31 WIB Pemerintahan

Berita Terkait

Gubernur Riau Resmikan Jembatan Siak IV dan Dua Flyover Doc. Humas Riau Gubri H Wan Thamrin Hasyim menandatangi prasasti peresmian Jembatan Siak IV Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Marhum Bukit), Ketua DPRD Prov Riau Hj Septina Primawati Menggunting Pita Peresmian Fly Over Jalan Soekarno Hatta - Tuanku Tambusai & Fly Over Jalan Soekarno Hatta - HR. Soebrantas.

PEKANBARU, kabarmelayu.com - Gubenur Riau, H Wan Thamrin Hasyim secara langsung meresmikan Jembatan Siak IV yang diberinama Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau Marhum Bukit dan dua Flyover Simpang Mal SKA dan Simpang Pasar Pagi Arengka, Kamis (14/2/2019) pagi.

Sesuai undangan yang sudah disebar oleh panitia, peresmian Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau Marhum Bukit dan dua flyover yang dipusatkan di Jembatan Siak IV, Gubenur Riau H Wan Thamrin Hasyim akan melakukan penandatangan prasasti, sedangkan untuk pemotongan pita dilakukan oleh ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli.

Ketua panitia peresmian Jembatan Siak IV, Maisar Damri, Kamis (14/2/2019) mengungkapkan, selain dihadiri oleh Gubenur Riau dan Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli, juga akan dihadiri oleh perwakilan dari Kementrian PUPR RI dan tim dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

Setelah acara peresmian di Jembatan Siak IV selesai, rombongan Gubenur Riau kemudian menuju ke Flyover Simpang Mal SKA untuk melakukan pengguntingan pita di atas flyover.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, Dadang Eko Purwanto, menyebut butuh waktu 10 tahun untuk menyelesaikan jembatan ini.

Peletakan batu pertama jembatan Siak IV sesungguhnya sudah dilaksanakan pada tahun 2009, atau sepuluh tahun lalu. Proses pembangunan terus berjalan hingga tahun 2013. Namun karena beberapa persoalan, pembangunan jembatan ini dihentikan. Kemudian barulah pada tahun 2017 lalu pemprov Riau berinisiatif untuk melanjutkan kembali pembangunannya.

"Persisnya, pembangunan kembali dilaksanakan pada Desember 2017 kemarin. Sebab perlu ada kajian terhadap kekuatan struktur jembatan setelah bertahan-tahun dibiarkan mangkarak. Untuk melakukan kajian itu saja habis waktu sekitar 3 bulan," ujarnya.

Dadang menjelaskan, total panjang Jembatan Siak IV secara keseluruhan adalah 800 meter. Sedangkan tinggi jembatan dari permukaan air ke bagian jembatan ketinggiannya mencapai sekitar 12,5 meter, dengan tinggi tiang penyangga sekitar 75 meter.(*)

Kamis, 22 Januari 2019 - 14:31 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru