Pekanbaru Sukses Sebagai Tuan Rumah HUT Damkar, Satpol PP Dan Satlinmas

Damkar, Satpol PP dan Satlinmas Bangun Semangat Baru, Optimalkan Pelayanan

Kamis, 07 Maret 2019 - 21:17 WIB Advertorial

Berita Terkait

Pekanbaru Sukses Sebagai Tuan Rumah HUT Damkar, Satpol PP Dan Satlinmas Peringatan HUT Damkar ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 yang secara nasional dipusatkan di Kota Pekanbaru, Rabu (6/3).

PEKANBARU, kabarmelayu.com - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-100, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-69 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-57 yang secara nasional dipusatkan di Kota Pekanbaru, Rabu (6/3), berlangsung sukses. Peringatan itu diharapkan jadi momentum untuk meneruskan dedikasi perjuangan mewujudkan ketenteraman, keamanan, serta ketertiban bagi masyarakat Indonesia.

Kegiatan yang diawali dengan Upacara yang digelar di Stadion Kaharudin Nasution, Rumbai, Pekanbaru, bertindak sebagai Inspektur Upacara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran kota Pekanbaru, Burhan Gurning sebagai komandan upacara.

Sebelum upacara dimulai, Mendagri menyempatkan diri untuk berkeliling melihat kesiapan barisan. Kemudian sekitar pukul 08.00 WIB, upacara perayaan HUT Damkar, Satpol-PP dan Satlinmas dimulai. Pada kesempatan itu turut hadir Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edy Nasution, Wali Kota (Wako) Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT dan Wakil Wali Kota H Ayat Cahyadi SSi. 

Terlihat hadir perwakilan kepala daerah, Kepala Damkar dan Satpol PP se-Indonesia, Forkopimda Riau dan Kota Pekanbaru, serta Sekdako Pekanbaru Drs HM Noer MBS SH MSi MH.

Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, peringatan HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas tidak hanya dijadikan untuk mengenang masa lalu. Melainkan diharapkan untuk meneruskan semangat juang, dedikasi, dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Pada hari jadi  Damkar, Satpol PP dan Satlinmas ini harus membangun semangat baru. Sebagai aparatur daerah, harus selalu memberikan pelayanan yang optimal terhadap masyarakat," ungkap Tjahjo Kumolo.

Dikatakan Tjahjo, Damkar, Satpol PP dan Satlinmas memiliki peran aktif dalam proses dan melindungi pembangunan, termasuk perlindungan masyarakat dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat selain juga berperan dalam menyukseskan agenda nasional, seperti Pemilu serentak 2019 sebagai elemen penting kehidupan demokrasi.

“Peran penting Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas tercermin dari tugas serta tanggung jawabnya,” jelasnya.

Menurut Tjahjo, Damkar memiliki tugas pencegah, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran. Lalu melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Sementara Satpol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada; menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

"Satlinmas secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara,” bebernya.

Tak hanya itu, Tjahjo juga mengatakan aparatur Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas sebagai aparatur pemerintahan daerah yang memiliki kompetensi handal di bidangnya, telah dibekali dengan kecerdasan lapangan sesuai dengan kondisi geografis daerah. 

"Diharapkan dapat bekerja sesuai Tupoksi yang telah diberikan. Kemudian, dalam pelaksanaan Pemilu, Damkar, Satpol PP dan Linmas dapat melekat terhadap Polda dan Polres setempat," tukasnya.

"Ini untuk meningkatkan koordinasinya untuk menjaga tempat-tempat TPS, dan tempat yang vital seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Saya kira itu intinya, agar kedepan pelayanan kepada masyarakat tidak hanya semata-mata perizinan saja dan aspek-aspek regulasi," tambahnya.

Di masa depan, jelas Tjahjo, fungsi melayani masyarakat yang dimaksud tidak semata-mata pada aspek perizinan saja tapi juga aspek regulasi termasuk fungsi-fungsi yang dibutuhkan Damkar, Satpol PP dan Linmas. Meski begitu, Damkar tetap di bawah pemerintah daerah, terangnya.

DPKP Kota Pekanbaru, Burhan Gurning mengatakan, pihaknya memaknai peringatan pemadam kebakaran yang ke-100 sudah banyak membawa perubahan. "Petugas di lapangan bekerja dengan taruhan nyawa sesuai  slogan kita pantang pulang sebelum padam, mereka mempersiapkan diri dengan baik termasuk juga ketangkasan mereka. Ini akan memberikan semangat baru bagi ksatria biru Pekanbaru," jelasnya.

Ditambakan dia, pihaknya bekerja sesuai dengan SOP yang sudah ditetapan termasuk juga meluncurkan program Smart Rescue Madani yang bertujuan untuk membantu menanggulangi kebakaran dan penyelamatan lain.

"Ini bisa diunduh masyarakat di playstore. Semua jenis bencana diakomodir dalam aplikasi itu. Tujuannya memudahkan kita untuk memadamkan api di lapangan. Berdasarkan pengalaman kita, api lama dipadamkan karena listrik belum dimatikan. Jadi nanti ini terintegrasi dengan stake holder lain sehingga cepat memadamkan api di lapangan," imbuhnya

Usai pelaksanaan upacara, dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada Gubernur Riau, Kapolda Riau, Walikota Pekanbaru, dan Kepala Dinas Pemadam kebakaran Kota Pekanbaru. Kemudian peringatan  HUT Damkar ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 tingkat nasional tahun 2019 disemarakkan dengan berbagai atraksi salah satunya atraksi bela diri, yong modo, jiujitsu, kempo dan tinju yang ditampilkan personel Satpol PP Pekanbaru.

Tak hanya itu, atraksi yang paling memukau yang ditampilkan personel Satpol PP yakni memecahkan material seperti genteng, batako hingga membengkokkan kawat besi dengan leher dan mematahkan kawat baja menggunakan jari kelingking.

Dipertontonkan pula paduan suara, keterampilan marching band Satpol PP dan senam nozzle pemadam kebakaran. Sembari pertunjukan keterampilan disajikan, seorang personel Satpol PP unjuk gigi dengan mengendarai paralayang dan berputar-putar di atas stadion membawa bendera Satpol PP berukuran besar dibawahnya.

Rangkaian peringatan HUT secara nasional Damkar ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 yang berpusat di Kota Pekanbaru sudah berlangsung sejak Ahad (3/3) lalu. Ditandai jalan sehat merakyat diikuti ribuan warga Kota Pekanbaru dan dihadiri langsung oleh Menteri Kordinator Kemaritiman (Menko Maritim) Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Panjaitan.

Sementara pada Senin (4/3), di rumah dinasnya, Wako Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT menjamu Menko Maritim dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo SH yang diwakili Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Elvius Dailami dengan jamuan sarapan pagi. Kemudian dilanjutkan dengan pawai defile dan pembukaan skill Competition di Stadion Kaharuddin Nasution yang diikuti oleh tim Damkar dari berbagai daerah di Indonesia. 

Di stadion ini pula, peringatan HUT serentak dimanfaatkan Pemko Pekanbaru untuk meningkatkan pelayanan perekaman e-KTP bagi masyarakat. Perekaman dilakukan langsung di Stadion Kaharuddin Nasution hingga Rabu (6/3).

Pada Selasa (5/3) lalu, digelar rapat kordinasi nasional (rakornas) Damkar, Satpol PP dan Satlinmas di SKA Co Ex yang dihadiri oleh 1200 orang pimpinan satuan, kepala daerah dan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo. Disini Wako Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT menunjukkan hasil inovasi dalam bidang penyelamatan di Kota Pekanbaru dengan meluncurkan layanan Smart Rescue 112.

Dengan slogan Pekanbaru Smart City Madani, peluncuran layanan Smart Rescue 112 adalah bukti penerapan slogan tersebut. "Kota Pekanbaru secara resmi meluncurkan smart rescue 112," kata Walikota Pekanbaru.

Layanan ini kata dia sudah berjalan dan tinggal disosialisasikan saja. Disini, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dengan penyelamatan dalam situasi darurat selalu siaga. 

"Alhamdulillah sudah berjalan tinggal mensosialisasikan pada masyarakat. Smart Rescue 112 ini terpadu lintas OPD. Memberikan pelayanan darurat. Kontak saja 112 insyaAllah akan langsung terhubung dengan satuan tanggap darurat siap membantu," ujar Walikota Firdaus didampingi Wakil Walikota H Ayat Cahyadi SSi.

Firdaus bersyukur iven sebesar peringatan HUT serentak dengan skala nasional ini bisa digelar di Kota Pekanbaru. Iven ini disebutnya adalah ajang memperkenalkan keunggulan Pekanbaru pada Indonesia.

"Kita sebagai kota industri pariwisata MICE, ini mempromosikan Pekanbaru pada saudara-saudara kita 38 provinsi dan lebih dari 100 kabupaten kota. Kita harapkan kerjasama antara kita dan daerah lain dapat terjalin dengan baik. Hari ini kita menyatukan satu persepsi dan energi dalam memberikan perlindungan pada masyarakat. Dengan persatuan kepala daerah kerja sama dan ekonomi se Indonesia semakin baik," pungkasnya.(Advertorial)

Kamis, 29 November 2017 - 21:17 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru