Forum Anak di Sejumlah Kecamatan di Bengkalis Gelorakan Gemar Baca Buku

Senin, 13 Mei 2019 - 08:13 WIB Pendidikan

Berita Terkait

Forum Anak di Sejumlah Kecamatan di Bengkalis Gelorakan Gemar Baca Buku Diskominfotik Bengkalis Pengurus Forum Anak Kecamatan Bantan menggelar Literasi Pesisir untuk membangkitkan gemar baca buku bagi anak-anak

BENGKALIS, kabarmelayu.com - Melihat fenomena rendahnya semangat warga terutama anak-anak menerapkan budaya gemar membaca. Forum Anak sejumlah kecamatan di Kabupaten Bengkalis gencar menggelar beberapa kegiatan Gemar Baca Buku.

Berbagai cara dilakukan oleh pengurus forum anak kecamatan untuk membangkitkan minat gemar membaca dikalangan anak-anak. Mulai dari kumpulkan anak-anak dusun untuk membaca dan membuat puisi. Ada juga yang memboyong mobil pustaka keliling ke kawasan wisata pantai.

Seperti dilaksanakan Forum Anak Kecamatan Bengkalis (Fankalis) belum lama ini menggelar kegiatan literasi di Dusun Cik Mas Ayu, Kelurahan Rimbas Sekampung. Dalam aksinya, mereka membagikan poster dan buku kepada anak-anak agar membudayakan membacakan buku, minimal satu hari satu buka alias one day one book.

Awalnya, anak-anak Dusun Cik Mas Ayu yang tinggal di pesisir laut Selat Bengkalis ini, diajak bersama-sama membaca buku. Tak hanya itu, mereka juga diajak untuk membuat karangan puisi atau cerpen.

“Kemudian, adik-adik tersebut diminta membacakan hasil dari karya mereka masing masing dilanjutkan dengan mengamati alam lalu dituangkan dalam bentuk gambar. Kami juga mengajak adik adik untuk membuat gambar sebuah Pohon Literasi. Nah pohon literasi ini akan diisi dengan harapan harapan dan cita-cita cita dari adik adik tersebut,” ungkap Fankalis Nuramala Husna, Sabtu 11 Mei 2019.

Tak jauh berbeda dilaksanakan oleh Farum Anak Kecamatan Bantan (Fankebtan), dengan mengambil tema Pesisir Literasi bekerja sama dengan UPT Perpustakaan kecamatan memboyong mobil keliling berisi buku-buku ke Pantai Wisata Selatbaru.

“Tak tanggung-tanggung, buku yang dibawa pada saat itu sebanyak 500 eksampler. Mulai dari buku pelajaran, buku cerita, buku ilmu pengetahuan, buku ilmu teknologi, buku  resep makanan,” ungkap Ketua Fankebtan Restia Aumalia Husna seraya menambahkan, selain didukung UPT Perpustakaan, pihaknya juga didukung oleh UPT Pengelolaan Pariwisata Kecamatan Bantan

Kegiatan yang dipusatkan di kawasan wisata, bertujuan agar masyarakat dan anak-anak yang akan membaca sembari menikmati keindahan pantai indah Selatbaru. Memang benar, jurus yang dilakukan Fakebtan memang mujarab, buktinya banyak masyarakat dan anak-anak yang mengunjungi literasi ini terbukti.

“Hal ini sesuai tema yang  kami usung, yakni membaca di manapun dan kapanpun. Alhamdulillah, antusias warga dan anak-anak sangat tinggi. Mereka mengunjungi mobil keliling pustaka dan membaca buku-buku yang disediakan,” ujar Aumalia.

Tidak  hanya tingginya antusias minat warga dan anak-anak yang datang ke mobil pustaka keliling. Mereka juga memberikan apresiasi atas ide dan gagasan yang dilakanakan Fankebtan. "Kakak besok kesini lagi yo, bawak buku gambar yang banyak " ungkap Dion pengunjung

Dijelaskan Aumalia, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan budaya membaca buku di manapun dan kapanpun yang sekarang ini mulai tergerus bermain game online. Acara ini mempunyai manfaat bagi masyarakat dan anak-anak dan juga memiliki manfaat besar bagi Fankebtan

“Selain menambah kegiatan, acara ini juga memperkenalkan forum anak kecamatan Bantan kepada pengunjung baik dalam bengkalis dan luar Bengkalis. Semoga kegiatan ini bermanfaat, dan semoga kami bisa melakukan kegiatan ini secara berkesinambungan,” ujarnya.

Sementara itu, Forum Anak Kecamatan Bathin Solapan (Fan-Bas) menggelar kegiatan Sharing Caring dan literasi.

Acara ini diadakan di Terminal Duri Bestari bersama anak anak yang sedang bermain, jumlah sebanyak 39 anak terdiri dari 23 perempuan dan 16 laki-laki.

Selain bermain dan bernyayi, anak diajak anak anak untuk membaca. Bagi yang belum bisa membaca diajak unguk belajar menulis angka dan huruf.

Pada kegaiatn itu Fanbas membawa 54 eksampler buku terdiri dari buku cerita, buku pengetahuan dan buku pelajaran. Buku buku ini diperoleh berkat kerjasama dengan Rumah Baca Duri. Setelah membaca buku anak-anak diminta menyimpulkan isi dari buku yang mereka baca.

Anak-anak tersebut sangat antusias dalam mengikuti acara ini, ditambah lagi dengan tersedianya hadiah dan bingkisan kecil untuk anak-anak yang berani menjawab kuis.***

Senin, 11 Februari 2017 - 08:13 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru