SMK Labor Pekanbaru Wakili Riau di Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional

Minggu, 19 Mei 2019 - 00:30 WIB Pendidikan

Berita Terkait

SMK Labor Pekanbaru Wakili Riau di Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional Istimewa

PEKANBARU, kabarmelayu.com - Perpustakaan digital M. Zein Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Labor Pekanbaru mewakili Provinsi Riau dalam lomba perpustakaan Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) sederajat yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional pada bulan Agustus mendatang.

Kepala Perpustakaan M. Zein SMK Labor Pekanbaru, Latif, menjelaskan bahwa awalnya perpustakaan sekolah tingkat SLTA se Provinsi Riau diseleksi terlebih dahulu oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, hingga akhirnya SMK Labor meraih peringkat pertama dan diutus mewakili Riau ke tingkat nasional.

“Awalnya lomba perpustakaan tingkat SLTA se Provinsi Riau, kemudian SMK Labor juara satu. Akhirnya perpustakaan digital M. Zein yang lulus ke tingkat nasional,” ujar Latif, Sabtu (18/5).

Latif mengatakan, salah satu keunggulan perpustakaan binaannya ialah konsep perpustakaan yang berbasis digital dengan mengembangkan berbagai produk inovatif dan kreatif seperti adanya sudut literasi budaya digital, sudut baca vokasi digital, inspiration corner digital, ekoliterasi digital, dan lainnya.

Selain itu, Latif juga menyebutkan ada beberapa latar belakang prestasi yang pernah diraih perpustakaan M. Zein SMK Labor Pekanbaru, yakni juara I Lomba Perpustakaan Sekolah Terbaik Provinsi Riau Tingkat SLTA Sederajat Se-Riau, 15 Mei 2019, juara 1 Lomba Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat Kota Pekanbaru SLTA Sederajat Se-Pekanbaru, 13 Mei 2019, juara 3 Lomba LKS Multimedia Tingkat Provinsi Riau, Februari 2019, juara 1 Se-Indonesia Sudut Baca Vokasi Digital dalam Kegiatan Festival Literasi Sekolah November 2018 di Jakarta, dan beberapa prestasi lainnya.

“Mungkin melalui prestasi yang pernah kita raih, serta keunggulan dari perpustakaan M.Zein menjadi nilai lebih dalam mengikuti lomba tingkat nasional nantinya,” sebutnya.

Latif juga menjelaskan, ada tiga poin persiapan yang dipersiapkan sebelum mengikuti lomba tingkat nasional nantinya. Adapun untuk poin pertama, SMK Labor akan terus mengembangkan produk inovatif dan kreatif perpustakaan digital. Untuk poin dua, pihaknya akan terus berupaya menciptakan kerajinan dan prakarya pelajar tingkat nasional, dan yang terakhir membuat berbagai literasi model bergerak agar bisa diakses masyarakat.

Kepala Perpustakaan M. Zein ini berharap, dengan konsep dan persiapan serta dukungan dari berbagai pihak, SMK Labor bisa meraih peringkat pertama dan mengharumkan nama Riau di tingkat nasional.

“Targetnya juara satu. Semua telah kita persiapkan dengan baik, semoga perjuangan dan dukungan dari berbagai pihak mendapatkan hasil yang terbaik,” pungkasnya. (mcr)

Minggu, 13 Agustus 2018 - 00:30 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru