SDN 98 Pekanbaru Mantapkan Persiapan Tingkatkan Akreditasi

Senin, 20 Mei 2019 - 21:13 WIB Pendidikan

Berita Terkait

SDN 98 Pekanbaru Mantapkan Persiapan Tingkatkan Akreditasi Foto Kasek SDN 98, Siti Arofah SPd

PEKANBARU, kabarmelayu.com - Memperoleh nilai akreditasi sekolah yang tinggi menjadi keinginan Kepala Sekolah dan Guru SD Negeri  98 Pekanbaru. Karena dengan  capaian akreditasi, merupakan  cerminan tingkat kinerja Kepala Sekolah dan guru. Sekolah yang memiliki nilai akreditasi yang bagus tentu saja memiliki prestise tersendiri bagi setiap warga sekolah. Demikian disampaikan Kepala Sekolah SD Negeri 98 Pekanbaru,  Siti Arofah,  S Pd, saat disambangi media ini diruang kerjanya, Senin (20/5).

Dikatakan Siti Arofah, S Pd, untuk tercapainya tujuan tersebut, sebelum tim assesor berkunjung ke sekolah, dirinya menjalin kerjasama dengan seluruh guru, staff pendidik dan tenaga kependidik di SDN 98, dengan membentuk tim khusus untuk mengerjakan segala yang dibutuhkan sesuai delapan standar nasional pendidikan, terangnya. 

Menurutnya, sekalipun saat ini libur sekolah, tetapi pihaknya tetap masuk sekolah untuk mengerjakan perlengkapan dan instrument yang dibutuhkan. Para guru maupun staf disibukkan dengan tugasnya masing-masing sesuai bidang dari delapan Standar Nasional pendidikan,
ujarnya.

Lagi kata Siti Arofah, dokumen dan berkas yang telah disiapkan,  akan  terarah dan fokus dengan memiliki pedoman. Baik berupa petunjuk teknis akreditasi dan dokumen pertanyaan-pertanyaan, serta petunjuk jenis dokumen mulai dari hal yang terkecil hingga terbesar. 

Menurut  Siti Arofah, dirinya selaku Kepala Sekolah,  terus memberi motivasi kepada  guru, agar melakukan yang terbaik ketika penilaian nanti berlangsung,  juga  mengingatkan agar segala kelengkapan berkas yang akan digunakan nantinya saat penilaian, kata Siti.

Dikatakan Siti saat ini SD Negeri 98 telah meraih predikat akreditasi B. Dan dalam penilaian kali ini diharapkan bisa ditingkatkan  mendapatkan predikat Akreditasi A, ucapnya.

Hanya saja kata Siti Arofah, saat ini SDN 98 masih ada kekurangan. Selain kekurangan guru PNS untuk mengisi  berbagai mata pelajaran. Seperti Mapel Agama, olahraga. Kekurangan  tersebut terjadi karena beberapa orang guru  status PNS telah memasuki masa pensiun. Sehingga untuk  menutupi kekurangan tersebut pihaknya terpaksa merekrut guru komite sekolah. "Sedikitnya, SDN 98  membutuhkan 7 orang guru lagi. Begitu juga dengan kondisi sarana dan Prasarana, seperti  WC dan Ruang belajar masih kurang memadai, urainya.

"Akan tetapi, pihaknya akan berupaya maksimal berangkat dari keyakinan dan kemampuan. Akan mempersiapkan segala sesuatunya sesuai petunjuk Delapan standar nasional pendidikan  termasuk memperbaiki sendiri sarana yang dibutuhkan, paparnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pekanbaru, Abdul Jamal, M Pd, menyambut baik upaya yang dilakukan pihak sekolah. Jika sekolah tsrsebut sebelumnya telah meraih akreditasi maka ditingkatkan lagi. Misalnya, jika sekarang meraih predikat C, naik menjadi B dan selanjutnya  ditingkatkan menjadi  Akreditasi A, terangnya.

Dikatakan Abdul Jamal, pihaknya selalu mendukung upaya yang dilakukan pihak sekolah, mulai dari pembinanaan para kasek dan guru, pembangunan sarana dan prasarana, termasuk kelengkapan tenaga guru. Hanya saja pemerintah tetap menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran, ujarnya. 

Menurut Abdul Jamal,  untuk mendapatkan akreditasi sekolah merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab pihak sekolah. Karena dengan akreditasi dapat dinilai capaian delapan standart Nasional Pendidikan yang telah dilaksanakan pihak sekolah, pungkasnya. (jsn)

 

Foto Kadisdik Pekanbaru, Abdul Jamal, M Pd

Senin, 13 Agustus 2018 - 21:13 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru