Ribuan Warga Terlibat Aksi Bersih Sungai Siak Sempena Hari Jadi Pekanbaru ke-235

Selasa, 25 Juni 2019 - 17:20 WIB Advertorial

Berita Terkait

Ribuan Warga Terlibat Aksi Bersih Sungai Siak Sempena Hari Jadi Pekanbaru ke-235 Foto: Ist. Walikota Pekanbaru, Firdaus MT bersama unsur forkopinda ikut membersihkan sungai dengan menumpangi perahu karet Basarnas Pekanbaru, Kamis (20/6/2019).

PEKANBARU, kabarmelayu.com - Ribuan orang terlibat dalam Aksi Bersih Sungai Siak 2019 sempena hari jadi Kota Pekanbaru ke-235, Kamis (20/6). Tampak Walikota Pekanbaru DR H Firdaus MT bersama Forkopimda terlibat langsung membersihkan pinggiran Sungai Siak dari rumput liar dan eceng gondok.

Aksi Bersih Sungai Siak yang melibatkan seluruh Kepala Dinas Kota Pekanbaru, Instansi, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Pekanbaru, Balai Wilayah Sungai Sumatera III, BKSDA, BPBD, Basarnas, Kodim 0301 Pekanbaru, Koramil 03/Senapelan, Polresta Pekanbaru, Polsek Senapelan, dan berbagai elemen masyarakat tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Riau yang diwakili Sekda Provinsi Riau Ahmad Hajazi, Kamis (20/6) sekira pukul 07.30 Wib.

“Aksi Bersih Sungai Siak ini bukan hanya seremonial belaka, namun diharapkan melalui aksi yang telah dilakukan dapat menjadi stimulan bagi masyarakat Pekanbaru khususnya di sepanjang tepian Sungai Siak agar lebih peduli terhadap lingkungan dan menimbulkan budaya bersih sungai Siak,” ujar Walikota Pekanbaru DR H Firdaus MT.

Walikota Firdaus membersihkan sungai dengan menumpangi perahu karet Basarnas Pekanbaru. Mereka memulainya dari tepi Masjid Nurul Iman, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Senapelan. Menyusuri aliran sungai rombongan memungut sampah yang menggenang di aliran sungai Siak.

Posisinya tidak jauh dari bawah jembatan Siak III. "Tadi kita temukan banyak sampah. Kebanyakan sampah plastik dan minuman kemasan," jelasnya usai mengikuti aksi bersih, Kamis siang.

Firdaus mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan. Ia menyebut bahwa kebersihan lingkungan jadi satu upaya mencegah terjadinya banjir.

Banjir dan kawasan kumuh bermula dari sampah yang dibuang sembarangan, hingga menyumbat aliran drainase.

"Maka saya ajak seluruh masyarakat ikut menjaga kebersihan, agar kota kita menjadi sehat," harapnya.

Lokasi penyelenggaraan sengaja dipilih di Sungai Siak sebagai salah satu ikon kota Pekanbaru. Dalam aksi ini masyarakat diajak untuk lebih cinta lingkungan.

Sekda Provinsi Riau, Ahmad Hijazi ditemui dalam dalam aksi bersih sungai Siak tidak menampik bahwa yang banyak mencemari sungai adalah sampah. Ia menyebut bahwa untuk mencegah sungai tercemar itu butuh peran semua pihak.

"Masyarakat juga harus terlibat dalam menjaga kebersihan. Bila semua pihak terlibat tentu tertcipta lingkungan yang bersih," paparnya.

Aksi bersih sungai ini adalah satu rangkaian HUT Pekanbaru ke-235. Rangkaian HUT Pekanbaru sudah berlangsung sejak 16 Juni 2019 lalu. Rencananya serangkaian kegiatan berlangsung hingga 30 Juni 2019 mendatang.

Ketua Umum HUT Pekanbaru ke-235, Zulhelmi Arifin mengatakan bahwa pada aksi ini tidak cuma membersihkan sungai dari sampah. Para peserta juga mendapatkan bibit pohon untuk mereka tanam di pekarangan rumah sehingga lingkungan lebih asri, katanya. (adv/ade)

Selasa, 19 Februari 2018 - 17:20 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru