6 Cara Mencegah Luka Pada Penderita Diabetes

Sabtu, 13 Juli 2019 - 17:37 WIB Kesehatan

Berita Terkait

6 Cara Mencegah Luka Pada Penderita Diabetes Foto: Ist.

Salah satu hal yang sangat ditakuti oleh penderita diabetes adalah munculnya luka atau cedera. Masalahnya adalah luka atau cedera ini bisa berujung menjadi komplikasi diabetes berupa amputasi. Hal ini tentu tidak ingin dialami oleh semua orang, bukan?

Berbagai cara yang bisa dilakukan demi mencegah cedera pada penderita diabetes

Pakar kesehatan menyebut kondisi gula darah tinggi yang dialami oleh penderita diabetes akan menurunkan kekuatan sistem kekebalan tubuh, memperburuk sirkulasi darah, hingga membuat proses penyembuhan luka menurun. Jika sampai kita terluka, maka risiko terkena infeksi akan meningkat. Hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan amputasi.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan demi mencegah luka atau cedera pada penderita diabetes.

Selalu mengecek kaki setiap hari

Sebenarnya, luka bisa muncul di semua bagian tubuh, namun khusus bagi penderita diabetes, luka memang cenderung lebih rentan muncul pada bagian kaki. Hal ini disebabkan oleh rusaknya jaringan saraf yang akhirnya membuat penderita penyakit ini tidak sadar jika di kaki bagian bawah sudah terluka, lecet, atau setidaknya mengalami tergores.

Selain itu, aktivitas sehari-hari bisa saja menyebabkan datangnya luka. Sebagai contoh, jika saat berjalan kaki kita tersandung atau tanpa sengaja menyentuh batu yang runcing, maka kaki pun akan lebih rentan terluka. Hal inilah yang kemudian bisa membahayakan penderita diabetes.

Karena alasan inilah penderita diabetes diminta untuk memakai sepatu dan kaus kaki atau alas kaki khusus saat melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk di dalam rumah. Selain itu, mereka harus rutin mengecek kondisi kakinya setiap hari demi memastikan apakah sudah ada luka atau lecet yang muncul atau tidak.

Selain mengecek kondisi kaki, pastikan untuk mencuci kaki dan mengeringkannya hingga bersih setiap hari demi menjaga kondisinya.

Pastikan alas kaki nyaman dan aman untuk digunakan

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, penderita diabetes disarankan untuk memakai alas kaki dimanapun beraktivitas, termasuk di dalam rumah demi melindungi kakinya dari kemungkinan terluka atau mengalami cedera. Hanya saja, pastikan bahwa alas kaki yang dipakai adalah yang nyaman dan kokoh untuk digunakan.

Selain itu, pastikan bahwa alas kaki memiliki bantalan yang bisa melindungi tumit, tidak terlalu ketat, dan tidak terlalu keras demi mencegah munculnya lecet.

Berhati-hati saat memotong kuku

Memotong kuku bisa menjadi hal yang membahayakan bagi penderita diabetes. Jika sampai salah memotongnya atau bahkan tanpa sengaja melukai kulit yang ada di sekitar kuku, maka hal ini tentu bisa berbahaya. Pastikan untuk berhati-hati dan cermat saat melakukannya demi mencegah munculnya luka.

Tidak lagi merokok

Penderita diabetes harus berhenti merokok karena kandungan asap rokok bisa menurunkan kondisinya dengan signifikan. Bahkan, telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa penderita diabetes yang merokok akan mengalami peningkatan risiko terkena komplikasi dengan drastis. Hal ini disebabkan oleh kemampuan rokok dalam merusak sirkulasi darah yang akhirnya berimbas pada semakin sulitnya proses penyembuhan luka.

Rutin memeriksa kadar gula darah

Meski terlihat sepele, kebiasaan memeriksa kadar gula darah secara rutin bisa memberikan dampak yang sangat besar bagi risiko terkena komplikasi bagi penderita diabetes. Dengan rutin melakukannya, maka penderita diabetes bisa mengendalikan gaya hidup, pola makan, hingga penggunaan obat atau suntikan insulin yang bisa membantu mencegah kadar gula darah naik dengan drastis.

Rutin memeriksa kondisi kesehatan ke dokter

Selain mengecek kadar gula darah, penderita diabetes juga harus rutin memeriksakan kondisinya ke dokter. Jika perlu, mereka juga bisa meminta bantuan dokter atau ahli medis lainnya untuk merawat luka yang dideritanya demi mencegah datangnya amputasi.

(doktersehat.com)

Sabtu, 22 Agustus 2019 - 17:37 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru