Bahas Fungsi Penganggaran Keuangan Daerah, DPRD Pekanbaru Sharing Bersama Kemendagri

Jumat, 19 Juli 2019 - 12:09 WIB Parlemen

Berita Terkait

Bahas Fungsi Penganggaran Keuangan Daerah, DPRD Pekanbaru Sharing Bersama Kemendagri eza/rec

BANDUNG, kabarmelayu.com - Memperdalam untuk mengoptimalisasikan peran DPRD dalam perencanaan penganggaran keuangan daerah, DPRD Pekanbaru menggelar bimbingan teknis (Bimtek) yang bekerjasama dengan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, Jumat (19/07) di Golden Flower Hotel dari 18-21 Juli 2019.

Melalui kegiatan bimtek kali ini, anggota dewan mendapatkan arahan dan pencerahan mengenai penyusunan dan pengesahan APBD Perubahan 2019 dan APBD 2020, megingat masa jabatan dewan sekarang Periode 2014-2019 sudah diujung. 

Sebanyak 45 anggota DPRD Pekanbaru menghadiri kegiatan bimbingan teknis, bekerjsama dengan LPM Univesitas Swadaya Gunung Jati. Kegiatan bimtek tersebut, dihadiri oleh Rektor UGJ - Kerto Siswoyo dan dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Ir Nofrizal MM.

Para peserta bimtek mendapatkan materi tentang peran DPRD dalam penyusunan APBD tahun 2020, yang disampaikan oleh Hilman Rosada dari Direktorat Jendral Keuangan Daerah Kemendagri. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 33 tahun 2019, terkait Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). 

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Nofrizal mengharapkan, melalui pelaksanaan bimtek kali ini para peserta bisa mendapatkan kisi-kisi terkait sistim perencanaan dan pengelolaan keuangan daerah. Pasalnya, kalangan eksekutif lebih berpengalaman dalam hal pengelolaan keuangan daerah dibandingkan pihak legislatif. 

"Meski sudah sering kali dilakukan, namun pelaksanaan bimtek kali ini diharapkan bisa memberikan pendalaman terkait tugas dan fungsi anggota dewan. Kalau eksekutif, mereka lebih berpengalaman dibandingkan kita yang di dewan ini. Kan anggota dewan ini, berasal dari berbagai macam latar yang berbeda-beda. Terlebih lagi, kita akan membahas penyusunan APBD Perubahan 2019 dan APBD 2020 dipenghujung masa jabatan," ungkap Nofrizal, jumat (19/7).

Untuk pembahasan dan pengesahan APBD Perubahan Pekanbaru 2019,  berkemungkinan besar masih akan dilakukan oleh anggota DPRD Pekanbaru. Sementara untuk penyusunan dan pengesahan APBD Pekanbaru 2020, DPRD Pekanbaru masih belum bisa memastikan agar APBD yang dihasilkan nantinya tidak prematur. (eza)

Jumat, 03 November 2019 - 12:09 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru