Alur Kepulangan Jemaah Haji dari Mekah ke Tanah Air

Jumat, 16 Agustus 2019 - 20:19 WIB Muslim

Berita Terkait

Alur Kepulangan Jemaah Haji dari Mekah ke Tanah Air Photo : MCH 2019/Darmawan Jemaah haji Indonesia dari embarkasi JKS tiba di Bandara Madinah

Jemaah haji Indonesia gelombang 1 akan dipulangkan perdana pada esok hari, 17 Agustus 2019 ke Tanah Air. Jemaah akan diberangkatkan melalui hotel di Mekah melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Sebelum kepulangan, jemaah yang masuk dalam kloter-kloter awal diminta untuk menimbang koper barang bawaan mereka dua hari sebelum kepulangan. Koper jemaah ditimbang pihak maskapai yang langsung mendatangi jemaah di hotel-hotelnya.

Berikut adalah beberapa alur persiapan kepulangan jemaah gelombang I dari Mekah:

1. Awal kepulangan jemaah gelombang I dari Mekah ke Bandara King Abdul Aziz (Jeddah) pada 17 Agustus 2019.

2. Akhir kepulangan jemaah gelombang I dari Mekah ke Bandara King Abdul Aziz (Jeddah) pada 1 Septemmber 2019.

3. Pengecekan dokumen paling lambat 5 hari sebelum kepulangan. Untuk kloter-kloter awal kepulangan, sudah bisa melakukan pengecekan dokumen sejak tanggal 7 Agustus 2019.

4. Penimbangan koper jemaah haji dilakukan 2X24 jam (H-2) sebelum pesawat take off. Jemaah hanya diperkenankan membawa tas paspor dan tas jinjing di kabin dengan berat maksimal 7 kg. Sedangkan tas koper maksimal 32 kg.

5. Waktu pemberangkatan kloter dari Mekah menuju Jeddah estimasi 8 jam (2 jam perjalanan Mekah-Jeddah, 6 jam proses check-in) sebelum jadwal take off pesawat.
 
Dalam surat edaran terkait pemeriksaan dokumen, penimbangan bagasi dan barang bawaan jemaah haji, Kepala Daker Mekah, Subhan Cholid menyampaikan bahwa tas koper jemaah dilarang dilapisi dengan jaring.

Jemaah dilarang membawa barang bawaan yang mengandung aerosol, gas, magnet, senjata tajam dan mainan yang menggunakan baterai. Jemaah juga tidak diperkenankan membawa uang tunai lebih dari SAR60.000 atau senilai Rp200 juta.

"Maskapai tidak memperkenankan memasukkan air zamzam ke dalam koper bagasi, jika kedapatan maka tidak akan diangkut," tulis Subhan. Jemaah akan mendapatkan air zamzam sebanyak 5 liter pada saat kedatangan di Asrama Haji Embarkasi.

(viva.co.id)

Jumat, 10 Agustus 2019 - 20:19 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru