Menag Lepas Kepulangan Jemaah Haji Kloter 1 JKS ke Tanah Air

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 14:11 WIB Muslim

Berita Terkait

Menag Lepas Kepulangan Jemaah Haji Kloter 1 JKS ke Tanah Air Photo : Bahauddin/MCH2019 Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melepas kepulangan kloter I JKS

Jemaah haji kloter I dari embarkasi JKS mengawali kepulangan perdana jemaah haji Indonesia ke Tanah Air. Jemaah yang berasal dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ini berjumlah 410 jemaah. 

Rombongan ini dilepas langsung Menteri Agama yang juga Amirul Hajj, Lukman Hakim Saifuddin dari depan hotel jemaah, Tharawat Misfalah Hotel, Sabtu dini hari, 17 Agustus 2019.

Dalam upacara pelepasan secara sederhana, Menteri Agama Lukman Hakim bersyukur karena jemaah telah selesai melaksanakan ibadah haji, dan kini tiba waktunya jemaah untuk kembali ke Tanah Air.

Ada tiga hal yang disampaikan menag dalam pelepasan kloter perdana kepulangan ke Tanah Air ini. Pertama, selaku Amirul Hajj dan atas nama seluruh petugas haji Indonesia, menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya. 

Ia menyadari sebagai manusia biasa tentu jauh dari sempurna. Apalagi, mengurus hampir 214 ribu jemaah haji Indonesia di negara orang. Dengan tradisi, adat istiadat, dan cuaca yang berbeda dengan Tanah Air.

"Kalau lah merasa tidak puas, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Ini lah upaya maksimal yang bisa kami lakukan. Tinggalkan kekurangan kami di sini. Jangan dibawa ke Tanah Air," kata Lukman.

Kedua, ia mengajak jemaah mensyukuri nikmat karena sudah berhaji. Karena tidak semua orang punya kesempatan berhaji, sedangkan para jemaah yang ada di sini bisa berhaji tahun ini dan diharapkan hajinya mabrur. 

"Ketiga, pesan saya tolong sampaikan salam ke seluruh keluarga di Tanah Air di Bogor. Tentu kita doakan kepulangan sampai di Jeddah kemudian di Cengkareng dan sampai di rumah senantiasa sehat walafiat. Dijaga keselamatan oleh Allah sampai berkumpul kembali dengan keluarga di Tanah Air," ujar menag. 

Untuk jadwal kepulangan jemaah haji Indonesia pada 17 Agustus 2019 ini ada sebanyak 13 kloter. Penerbangan perdana diawali JKS1 yang akan take off pukul 08.15 WAS, dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta.

Kemudian disusul kloter lain, yakni PLM1, LOP1, JKS2, SUB1, JKS3, SUB2, PDG1, JKS4, SOC1, SUB3, BTH1, dan UPG1. Dengan keberangkatan awal pada 17 Agustus 2019, pukul 08.15 WAS dan akhir 22.40 WAS.

(viva.co.id)

Sabtu, 10 Agustus 2019 - 14:11 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru