Tim Pengabdian Kukerta UNRI Lakukan TAON ABU di Bukit Anabawa Desa Sialang Jaya

Kamis, 22 Agustus 2019 - 11:17 WIB Pendidikan

Berita Terkait

Tim Pengabdian Kukerta UNRI Lakukan TAON ABU di Bukit Anabawa Desa Sialang Jaya ist.

ROHUL, kabarmelayu.com - Tim Pengabdian Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) 2019, laksanakan Tanam Pohon di Atas Bukit (TAON ABU) Anbawa, Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, Selasa (20/8/2019) sore.

Di kegiatan TAON QBU oleh mahasiswa Kukerta UNRI. turut serta Kades Siakang Jaya Yuherman Daulay, Ketua Pemuda Siakang Jaya Rahnad Saputra, perwakilan Dinas Pariwisata dan kebudayaan Rohul, perwakilan GenPi Rohuk, Komunitas Pencinta Alam, Suluk Adventure, serta perwakilan pesertablomba Lintas Alam.

Dikatakan Koorsinator deaa (Kordes) Tim Pengabdian Kukerta Unri 2019 Muhammad Tarmizi didampingi 9 mahasiswa Kukerta Unri lainnya, kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan, dengan melakukan penanaman 1000 batang pohon buah dan pohon pelindung lainnya bantuan Dinas Lingkungan Hidiup dan Kehutanan Provinsi  Riau

"Di kegiatan TAON ABU sebagai  bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan, juga masih dalam nuansa memperingati perayaan HUT RI ke 74. Kegiatan disambut baik Pemerintah deaa dan masyarakat serta komunitas pencinta alam”, kata Tarmizi, Kamis (22/09/2019).

Tim pengabdian Kukerta Unri 2019 membagikan 1000 batang pohon dari Dinas Lingkungan dan Kehutanan Provinsi Riau yang terdiri dari jenis trambesi, gaharu, matoa, durian dan nangka. Pemilihan jenis bibit tersebut berdasarkan hasil survei Tim Pengabdian pada bulan Februari lalu dimana kondisi bukit Anabawa yang masih gersang,  juga saran dari ketua pemuda.

"Acara ini merupakan salah satu bentuk kegiatan penghijauan yang dilatarbelakangi oleh maraknya kebakaran hutan yang terjadi di provinsi Riau selain itu terdapat bukit di Desa Sialang Jaya yang perlu dihijaukan kembali”, sebut  Muhammad Tarmizi.

Kades Sialang Jaya, Yuherman Daulay mengaku, dirinya berterima kasih atas kepedulian mahasiswa Tim Pengabdian Kukerta UNRI 2019 di Deaa Sialang Jaya, terhadap penghijauan kawasan bukit berdekatan debgan objek wisata Sipogas. Berharap dengan aksi menanam pohon pelindung dan buah buahan kedepannyan bsia bermanfaat bagi generasi oenerus dan masyarakat Sialang Jaya.

Di kegiatan itu, Kades Sialang Jaya bersama mahaiswa, penuda dan kimunitas yang turut serta di kebiatab, melakukan penanaman pohon serantak di Bukit Anabawa.

"Beberapa tahun kedepan, pohon pelindung dan buah yang ditamam bisa berkembang dan menjadi tanaman penghijauan. Kita berharap bersama sama menjaga huta yang ada karena itu sebagai paru paru dunia, katena  menghasilkan oksigen untuk kehidupan umat manusia.Juga adik adik mahasiswa sudah ikut melakukan berbagai kegiatan di desa yang menyentuh langsung ke masyarakat”, kata Kades Yuherman Daulay.(penrem031/wb)

Kamis, 09 Februari 2017 - 11:17 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru