Wagubri: Potensi Sagu Riau Cukup Besar, dan Akan Mendunia

Rabu, 28 Agustus 2019 - 10:29 WIB Advertorial

Berita Terkait

Wagubri: Potensi Sagu Riau Cukup Besar, dan Akan Mendunia Humas Riau

PEKANBARU, kabarmelayu.com - Luasnya lahan perkebunan Sagu di Provinsi Riau akan sangat mendukung keberadaannya untuk mendunia. Setidaknya terdapat 82 ribu hektar lebih perkebunan Sagu yang ada di Provinsi Riau saat ini, baik milik Perusahaan maupun milik rakyat.

"Kondisi itu tentu sangat mendukung bagi Provinsi Riau untuk mendunia kan Sagu ini, hal itu juga didukung dengan bisa diolahnya Sagu ini untuk berbagai jenis makanan, baik secara tradisional maupun secara moderen," kata Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution saat menghadiri kegiatan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Riau dan Festival Pangan Lokal, di GOR Tribuana Pekanbaru, Selasa (27/8/2019).

Edy mengatakan lomba B2SA yang diikuti oleh ibuk-ibuk PKK di Provinsi Riau ini juga akan mendukung bidang pariwisata, karena berbagai olahan makanan berbahan baku Sagu ini jika terus diperkenalkan kepada waisatawan, selain akan memberi nilai ekonomi bagi masyarakat, juga akan semakin meperkenalkan Sagu di Indonesia dan tentunya di Dunia.

Edy berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas perlombaan semata, tapi juga hendaknya bisa menjadi bagian promosi Provinsi Riau, khususnya dari keberadaan Sagu yang sangat banyak, dan dapat diolah dengan berbagai macam jenis makanan.

Wagubri Edy Natar memotong tumpeng saat membuka kegiatan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Riau dan Festival Pangan Lokal, di GOR Tribuana Pekanbaru, Selasa (27/8/2019).

"Kita berharap, produk-produk yang unggul, nantinya bisa terus dikembangkan melalui UMKM dan lainnya. Sehingga masyarakat kita akan bisa meningkat perekonomiannya," harap Wagubri.

Sementara Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan Provinsi Riau Rosdi SE, MSi, mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang seleksi bagi peserta di Provinsi Riau untuk mengikuti kegiatan yang sama di tingkat nasional, yang akan dilaksanakan di Kendari Sulawesi Tenggara pada Oktober 2019 mendatang.

"Tema yang kita ambil tahun ini adalah Gerakan serba sagu, sagu Riau menyapa dunia. Sebanyak 10 Kabupaten/Kota yang ikut dalam kegiatan ini, minus Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir yang tidak mengirim peserta," jelasnya. (adv/hms)

Rabu, 20 Mei 2019 - 10:29 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru