10 Trik Psikologi agar Mudah Disukai Banyak Orang

Jumat, 06 September 2019 - 15:20 WIB Lifestyle

Berita Terkait

10 Trik Psikologi agar Mudah Disukai Banyak Orang Photo : Freepik/Yanalya Ilustrasi pertemanan

Bagaimana agar disukai oleh banyak orang? Persahabatan umumnya berkembang secara alami. Ketika orang-orang saling dipertemukan, mereka merasa cocok karena memiliki kesamaan atau sekadar rasa nyaman. Hal inilah yang kemudian mendorong terjadinya ikatan pertemanan atau persahabatan. 

Tapi adakalanya orang ingin menjalin persahabatan dengan kenalan baru atau menjadi teman yang lebih baik bagi sahabatnya. 

Dikutip dari IFL Science, rupanya ada beberapa strategi yang didukung sains untuk membuat orang lain suka atau mudah membuka hati pada kita. Berikut ini di antaranya seperti ditulis Maggie Zhang.

Meniru sikap orang lain

Strategi ini disebut mirroring, yaitu meniru perilaku orang lain secara halus. Saat berbicara dengan seseorang, cobalah menyalin bahasa tubuh, gerakan, dan ekspresi wajah mereka.

Luangkan lebih banyak waktu dengan mereka
Penelitian menemukan bahwa siswa yang tinggal berdekatan kemudian mengerjakan proyek bersama, lebih cenderung menjadi teman daripada siswa yang tinggal berjauhan. Interaksi antar-mereka bisa berkembang menjadi persahabatan. 

Beri pujian pada orang lain
Jika kita menggambarkan orang lain sebagai orang yang tulus dan baik, mereka juga akan mengasosiasikan kita dengan sifat-sifat itu. Demikian pula sebaliknya untuk perlakuan negatif.

Santai saja

Jika kamu ingin membuat orang lain merasa bahagia ketika bersamamu, lakukan yang terbaik untuk mengomunikasikan emosi positif.

Berteman dengan teman mereka

Teori jaringan sosial di balik efek ini disebut triadic closure, artinya dua orang cenderung lebih dekat ketika mereka memiliki teman yang sama. 

Hindari terlalu sering memberi pujian
Daya tarik interpersonal menunjukkan bahwa komentar positif atau pujian akan lebih berdampak jika hanya menyampaikannya sesekali.

Hangat dan kompeten

Jika orang dapat menggambarkan diri mereka sebagai sosok yang hangat - tidak kompetitif dan ramah - dapat menimbulkan rasa percaya pada orang lain. Kompeten misalnya, jika kita memiliki status ekonomi atau pendidikan tinggi, orang lain juga cenderung menaruh sikap respek. 

Berikan sentuhan sesekali

Ini dikenal dengan sentuhan bawah sadar. Misalnya mengusap punggung atau menyentuh lengan mereka. Perilaku yang dapat membuat orang lain merasa lebih hangat. 

Tersenyum

Jangan lupakan tersenyum saat bertemu orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa tersenyum ketika pertama kali bertemu orang lain membantu memastikan mereka mengingat kita. 

Berikan humor

Penelitian dari Illinois State University dan California State University di Los Angeles menemukan bahwa, terlepas dari apakah orang berpikir tentang pasangan ideal atau romantis, memiliki selera humor dianggap sangat penting. 

(viva.co.id)

Jumat, 04 November 2015 - 15:20 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru