Manfaat Belimbing: Cegah Hipertensi hingga Buat Kulit Glowing

Selasa, 15 Oktober 2019 - 18:43 WIB Kesehatan

Berita Terkait

Manfaat Belimbing: Cegah Hipertensi hingga Buat Kulit Glowing (ANTARA FOTO/Umarul Faruq) Ilustrasi. Di balik rasa asam, manis, dan sepatnya, belimbing memberikan aneka manfaat kesehatan untuk tubuh.

JAKARTA - Belimbing banyak ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Buah berbentuk khas ini memiliki beragam manfaat.

Buah dengan nama latin Averrhoa carambola ini memiliki bentuk yang khas, dengan bentuk bintang jika dipotong tipis-tipis. Kenikmatannya kerap menemani seporsi rujak.

Di balik rasa asam, manis, dan sedikit sepatnya, belimbing memberikan aneka nutrisi untuk tubuh. Mulai dari karbohidrat, serat, protein, vitamin, juga mineral.

Berikut yang bisa didapatkan tubuh dengan konsumsi belimbing.

1. Bantu turunkan tekanan darah
Tekanan darah tinggi jadi sumber masalah bagi beragam penyakit. Belimbing dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Studi eksperimen dari Yogyakarta menunjukkan, jus belimbing dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada pasien hipertensi.

Belimbing mengandung komponen flavonoid dan serat yang tinggi. Keduanya memberikan efek menurunkan tekanan darah.

2. Jaga metabolisme tubuh
Kandungan vitamin A, B, dan C membantu menjaga metabolisme tubuh tetap kuat. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dari kandungan vitamin B9 dalam belimbing.

3. Cegah kerontokan rambut
Masalah rambut bisa diselesaikan oleh belimbing. Mengutip Stylecraze, belimbing memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh dan rambut seperti mengatasi rambut rontok karena kandungan antioksidan dan vitamin C.

Kandungan vitamin B kompleks penting untuk pertumbuhan rambut dan membantu rambut tetap kuat dan sehat.

4. Kulit makin bercahaya
Belimbing dapat membuat kulit terlihat berkilau. Tak hanya itu, kandungan seng yang ada di dalamnya juga dapat mengurangi jerawat.

Selain dikonsumsi, belimbing juga bisa digunakan secara topikal. Kulit yang sedang berjerawat dan berminyak bisa menggunakannya sebagai masker wajah.

5. Tingkatkan sistem imun
Satu buah belimbing bisa menyediakan sebanyak 52 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C dikenal mampu meningkatkan sistem imun, antioksidan, mendukung kesehatan kulit, rambut dan kuku, membantu penyerapan kalsium, dan penyerapan zat besi.

6. Antidiare
Masalah pencernaan kerap bersumber dari kekurangan serat. Anda bisa memenuhi kebutuhan serat dengan konsumsi belimbing.

Belimbing bisa memberikan efek antidiare juga masalah pencernaan lain. Selain serat, belimbing pun bisa memberikan suplai kebutuhan cairan tubuh.

7. Baik untuk menu diet
Manfaat belimbing juga bisa dirasakan oleh mereka yang menjalankan program diet. Belimbing diketahui sebagai buah rendah kalori dan tinggi kandungan serat.

(cnnindonesia.com)

Selasa, 23 Mei 2019 - 18:43 WIB
Tulis Komentar

0 Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru