Senin, 24 Juni 2024 WIB

Hamas Terima Resolusi Gencatan Senjata DK PBB

Redaksi - Selasa, 11 Juni 2024 16:37 WIB
Hamas Terima Resolusi Gencatan Senjata DK PBB
Ilustrasi.(Foto: Anadolu Agency)
JAKARTA - Hamas menyatakan menerima resolusi gencatan senjata yang disepakati Dewan Keamanan PBB pada Senin (11/6/2024). Mereka menyatakan siap melakukan perundingan mengenai rincian gencatan senjata tersebut.

Hal ini disampaikan pejabat senior Hamas Sami Abu Zuhri kepada Reuters pada Selasa. Ia menambahkan bahwa terserah pada Washington untuk memastikan bahwa Israel mematuhi resolusi tersebut.

"Hamas menerima resolusi dewan keamanan PBB sehubungan dengan gencatan senjata, penarikan pasukan Israel dan pertukaran sandera dengan tahanan yang ditahan oleh Israel," katanya.

Baca Juga:

"Pemerintah AS menghadapi ujian nyata dalam menjalankan komitmennya dalam memaksa penjajah untuk segera mengakhiri perang dalam implementasi resolusi Dewan Keamanan PBB," kata Abu Zuhri.

Presiden AS Joe Biden telah meminta Hamas untuk menerima perjanjian gencatan senjata yang didukung AS, menyusul diadopsinya resolusi Dewan Keamanan PBB. "Hamas mengatakan mereka menginginkan gencatan senjata. Kesepakatan ini adalah kesempatan untuk membuktikan bahwa mereka bersungguh-sungguh," tulisnya di X.

Baca Juga:

Hamas mengeluarkan pernyataan menyambut resolusi PBB tidak lama setelah resolusi tersebut disahkan, dan mengatakan pihaknya siap bekerja sama dengan mediator untuk menerapkannya.

AS telah mengklaim bahwa pemerintah Israel mengusulkan proposal gencatan senjata yang saat ini sedang dibahas, namun pernyataan publik dari anggota kunci koalisi Netanyahu, termasuk perdana menterinya sendiri, mempertanyakan komitmen mereka terhadap kesepakatan tersebut.

Israel menuding Hamas menunda-nunda menyepakati gencatan senjata yang sudah didukung sepenuhnya oleh Dewan Keamanan PBB. Namun faktanya, Israel terus melakukan pembantaian sementara dunia terus mendorong gencatan senjata.


Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Miris, Israel Larang Hewan Kurban Idul Adha Masuk ke Gaza
PBB Masukkan Israel ke Daftar Penjahat Anak
Gaza Genting! Pembantaian Makin Menggila
Slovenia, Uni Eropa dan Anggota NATO Resmi Akui Negara Palestina
Kelompok Ahli PBB Desak Semua Negara Akui Kedaulatan Negara Palestina
Israel Jatuhkan Bom Satu Ton ke Kamp Penuh Pengungsi di Rafah
komentar
beritaTerbaru