Senin, 24 Juni 2024 WIB

Raih Rekor MURI, Lift Jembatan TASL Jadi Primadona Wisatawan Siak

Harijal - Jumat, 17 Mei 2024 16:38 WIB
Raih Rekor MURI, Lift Jembatan TASL Jadi Primadona Wisatawan Siak
Foto: Diskominfotik Siak

Siak Sri Indrapura, kabarmelayu.com - Direktur Operasional Museum Rekor Indonesia (MURI) Yusuf Ngadri akhir menyerahkan Piagam Penghargaan MURI kepada Bupati Siak Alfedri atas penetapan Lift Outdoor Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah (TASL) Siak sebagai Outdoor Lift Pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Siak Lawo Bawah Jembatan TASL, Kamis (16/05/2024).

Rekor kali ini merupakan rekor kedua dari MURI untuk Kabupaten Siak yang ditujukan untuk lift pertama di Indonesia yang berada struktur luar dari jembatan dengan ketinggian jalur lift sepanjang 73 meter, penghargaan ini merupakan sejarah baru bagi Kabupaten Siak.

Baca Juga:

Bupati Siak Alfedri mengatakan penghargaan ini merupakan semangat dan motivasi bagi pemerintah Kabupaten Siak untuk memajukan dari segi infrastruktur, ekonomi dan pariwisata.

Baca Juga:

“Lift ini merupakan destinasi wisata baru bagi wisawatan. Diharapkan destinasi baru ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan sehingga dampak ekonomi seperti UMKM, hotel dan ekonomi kreatif semakin meningkat” harap Alfedri.

Tercatat pada tahun 2023 kunjungan pariwisata di Kabupaten Siak hampir menyentuh angka 1 juta wisatawan, hal ini juga menjadi semangat baru bagi pemerintah Kabupaten Siak untuk menyongsong Siak yang berkemajuan dan masyarakat Siak yang lebih sejahtera.

Serta Kado HUT kabupaten Siak yang ke-25 yang diperingkat pada 12 Oktober 2024 mendatang.

“Penghargaan MURI ini juga menjadi hadiah ulang tahun perak kabupaten Siak ke-25 pada tahun 2024 ini, dan kami harapkan akan ada rekor MURI lainnya nanti untuk Kabupaten Siak,” tambah Alfedri.

Direktur Operasional MURI Yusuf Ngadri menginformasikan bahwa secara teknis, lift outdoor hanya terdapat di Jembatan TASL Siak yang harapannya MURI akan merubah piagam rekor ini menjadi rekor dunia.
 
“Siak sebagai inspirasi bagi daerah lain di Indonesia, hal ini menjadi antusias untuk ikut membangun negri, berlomba untuk memberikan sumbangsih untuk membangun negeri, kami berterimakasih kepada Siak sudah mencatat prestasi baru di MURI,” ujar Yusuf Ngadri. 

Selain itu, Kepala Sub Direktorat Jembatan Wilayah I, Direktorat Jendral Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Elviani juga menyampaikan apresiasi kepada MURI atas pemberian penghargaan kepada Jembatan TASL Siak dan mendukung penuh prestasi dari Kabupaten Siak.

Jembatan yang diresmikan pada tahun 2007 ini baru kembali mengoperasikan lift outdoor nya pada Oktober 2023 lalu dan memiliki potensi daya tarik bagi pertumbuhan wisatawan di Kabupaten Siak, dengan hanya perlu merogoh kocek sekitar 20 ribu hingga 75 ribu rupiah lift ini membawa para pengunjung untuk dapat menikmati panorama view dari ketinggian 84.5 meter di puncak jembatan Siak.

Tampak hadir dalam acara itu, oleh Kepala Sub Direktorat Jembatan Wilayah I, Direktorat Jendral Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Elviani, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PU Tarukim) Kabupaten Siak Irving Kahar Arifin, Kapolres Siak, Dandim 0322/Siak, dan unsur forkopimda Kabupaten Siak.(adv/hms/ndi)

SHARE:
beritaTerkait
Gelombang Tinggi, Penumpang MV CAS Terjatuh di Selat Baru
Lomba Yel-yel dan Parade, Kontingen Kabupaten Bengkalis Gunakan Kostum Adat Sakai
Sempena HUT Polri ke-78, Husni Merza: Jalan Santai Sehatkan Badan dan Terjaga Silahturahmi
ASN 53 Tahun Main Judi Online, Ditangkap!
Raih Juara 3 di Turnamen Yuk Mampir Cup 2024, SSB Budak Pulau Tetap Solid
57.436 Orang Akses Situs Web PPDB SMA/SMK Negeri Riau
komentar
beritaTerbaru