Senin, 24 Juni 2024 WIB

Salurkan Zakat Kepada 3692 Mustahik, Baznas Siak Gelar Gemar Berzakat Ke-X

Harijal - Jumat, 07 April 2023 11:21 WIB
Salurkan Zakat Kepada 3692 Mustahik, Baznas Siak Gelar Gemar Berzakat Ke-X
Foto: Baznas Siak

SIAK - Seperti biasa, setiap bulan Ramadhan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak, kembali melaksanakan Gerakan Masyarakat Siak Berzakat (Gemar) Ke-X tahun 2023, sekaligus menyalurkan zakat Konsumtif tahap I tahun 2023 kepada 3692 Mustahik.

Penyaluran zakat pola konsumtif dan kegiatan Gemar Berzakat dilaksanakan di Masjid Sultham Syarif Hasyim Islamic Center Siak yang dihadiri Wakil Bupati Siak H Husni Merza BBA.MM didampingi Ketua Baznas Siak H. Samparis bin Tatan beserta Komisioner Baznas Siak, Rabu (5/04/2023).

Dalam sambutannya Wabup Husni Merza berharap kepada para penerima zakat agar dapat mendoakan para Muzaki (orang yang telah mengeluarkan zakat), agar senantiasa mendapat rizki yang dilipat gandakan dan mendapat keberkahan.

Baca Juga:

"Untuk itu kita berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Siak agar mengeluarkan zakatnya ke Baznas kabupaten Siak, dengan harapan program zakat yang dikelola oleh Baznas ini akan lebih banyak masyarakat miskin dan masyarakat yang tidak mampu terbantu dan terselamatkan," harap Husni.

Baca Juga:

Tak hanya itu, Husni juga berharap agar masyarakat Kabupaten Siak semakin sadar untuk menunaikan kewajiban zakat atas harta, hasil usaha dan penghasilan yang telah diperoleh, "Karena di dalam harta yang kita miliki tersebut ada hak orang miskin," imbuhnya.

Sementara itu menurut Ketua Baznas Kabupaten Siak H. Samparis bin Tatan melalui Kepala Pelaksana Sutarno Nursianto menyebutkan bahwa penyaluran dana Zakat Tahap I tahun 2023 senilai 2,4 Milyar lebih.

"Kita salurkan selama bulan Ramadhan kepada 3692 orang mustahik ke dalam pola konsumtif di 14 kecamatan," tuturnya.

Lanjut disampaikan Sutarno, untuk pola produktif akan disalurkan kepada mustahik yang mengembangkan usaha seperti beternak lele, usaha pertanian dan Usaha Mikro Kecil Menengah.

"Kita salurkan sesuai dengan pengajuan proposal yang masuk dan yang kita sahkan setelah melakukan verifikasi di lapangan," terangnya.

Pola produktif dan konsumtif ini merupakan bagian dari program Baznas Siak Sejahtera dan Siak Peduli. Selain program tersebut, Baznas Siak juga melaksanakan program Siak Cerdas, Siak Terang dan Siak Religi.

“Untuk Siak Cerdas kita telah memberikan berbagai bentuk Beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa yang orang tuanya kurang mampu dan termasuk ke dalam kategori Asnaf Fii Sabilillah,” jelasnya.

Alhamdulillah dengan begitu banyak program Baznas serta membangun jaringan dengan pihak terkait. Maka pada tahun 2023 ini Bupati dan Baznas Kabupaten Siak kembali mendapatkan Anugrah Zakat Award 2023 Kategori Jaringan Terbaik dan Pemerintah kabupaten Siak kategori pemerintah pendukung Zakat yang diserahkan okeh Baznas RI beberapa waktu lalu.

Acara Baznas Award 2023 tersebut dibuka secara resmi Wakil Presiden RI K. H. Ma’ruf Amin dihadiri para pimpinan tinggi negara Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota, Ketua BAZNAS Provinsi, Kabupaten atau Kota se-Indonesia.

Maka pada kesempatan ini kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Siak agar tetap mendukung dan mengeluarkan zakatnya bagi yang telah berpenghasilan, baik itu dari hasil profesi maupun usaha tani, perternakan dan lainnya yang sudah mencapai nisab sesuai ketentuan Syariat.

"Hendaklah menyalurkan zakatnya ke Baznas dan Insya Allah kami selaku penyelenggara zakat di Baznas akan menjalankan dengan amanah dan sesuai aturan syariat,” tutupnya.(galeri/man)

SHARE:
beritaTerkait
Gelombang Tinggi, Penumpang MV CAS Terjatuh di Selat Baru
Lomba Yel-yel dan Parade, Kontingen Kabupaten Bengkalis Gunakan Kostum Adat Sakai
Sempena HUT Polri ke-78, Husni Merza: Jalan Santai Sehatkan Badan dan Terjaga Silahturahmi
ASN 53 Tahun Main Judi Online, Ditangkap!
Raih Juara 3 di Turnamen Yuk Mampir Cup 2024, SSB Budak Pulau Tetap Solid
57.436 Orang Akses Situs Web PPDB SMA/SMK Negeri Riau
komentar
beritaTerbaru