Senin, 24 Juni 2024 WIB

Ribuan Ekor Hewan Kurban di Pekanbaru Sudah Diperiksa

Redaksi - Selasa, 11 Juni 2024 11:11 WIB
Ribuan Ekor Hewan Kurban di Pekanbaru Sudah Diperiksa
Ilustrasi.(Foto: Distankan Pekanbaru)
PEKANBARU- Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru meningkatkan pemeriksaan hewan kurban untuk mencegah penyakit sepertilumpy skin disease(LSD) atau cacar sapi dan penyakit mulut dan kuku (PMK). Tim telah melakukan pemeriksaan ke sejumlah peternakan yang ada di Pekanbaru.

"Yang masuk kota sudah sekitar 4.500 hewan kurban, sudah kita periksa. Ditambah peternak dari Kota Pekanbaru sekitar 1.000, jadi ada sekitar lima ribu lebih hewan kurban yang telah kita periksa," kata Kepala Distankan Kota Pekanbaru M Firdaus dikutip Selasa (10/6/2024).

Firdaus mengatakan, hewan yang akan dijadikan kurban harus memenuhi syarat, termasuk dari segi umur, kesehatan, dan kondisi fisik. Pemantauan di lapangan masih terus dilakukan timnya karena hewan kurban masuk ke Kota Pekanbaru secara bertahap.

Baca Juga:

"Dari pemantauan di lapangan semua kondisi hewan dalam kondisi sehat, bebas dari penyakit mulut dan kuku maupun penyakit LSD," imbuh Firdaus

Sementara itu, kebutuhan hewan kurban di Kota Pekanbaru pada tahun 2024 mencapai sekitar 9 ribu ekor. Banyaknya hewan kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru berasal dari luar daerah seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, Lampung, bahkan dari luar Pulau Sumatera.

Baca Juga:

Distankan Pekanbaru juga memastikan bahwa hewan kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru telah memenuhi standar kesehatan yang ditetapkan. Tim dari distrik telah melakukan pemeriksaan kesehatan dan fisik secara menyeluruh terhadap lebih dari lima ribu ekor hewan kurban.

Pemeriksaan dilakukan di tempat peternakan dan penampungan hewan kurban. Langkah ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan kualitas hewan kurban yang diserahkan oleh masyarakat.

Diharapkan, intensifikasi pemeriksaan ini dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan melaksanakan ibadah kurban di Kota Pekanbaru.(met)

Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Jemaah Diingatkan Tidak Bawa Air Zamzam di Bagasi dan Tas
Jamaah Haji Diimbau Pulihkan Fisik Sebelum Tawaf
DLH Rohil Sembelih 7 Ekor Sapi Kurban
Akibat Cuaca Panas, 550 Jamaah Dilaporkan Meninggal Saat Puncak Haji
24 Juni Jemaah Riau Mulai Kembali ke Tanah Air
Panitia Kurban Masjid At-Taubah Bina Widya Temukan Dua Anak Sapi Dalam Perut Sapi Jantan
komentar
beritaTerbaru