Minggu, 21 Juli 2024 WIB

UPT SDN 006 Terpadu Kubang Jaya Taja Gelar Budaya P5

Redaksi - Jumat, 21 Juni 2024 14:55 WIB
UPT SDN 006 Terpadu Kubang Jaya Taja Gelar Budaya P5
Gelar Budaya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila UPT SDN 006 Terpadu Kubang Jaya.(Foto: Ist)
KAMPAR - UPT Sekolah Dasar Negeri (SDN) 006 Terpadu Kubang Jaya melaksanakan kegiatan Gebyar Budaya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Rabu (19/6/2024).

Dalam kegiatan yang berlangsung di halaman sekolah Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu tersebut, seluruh guru dan siswa mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Demikian pula dengan komite sekolah yang hadir, turut mengenakan baju adat.

"Hari ini kita melaksanakan gelar budaya dengan tema Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik dari kelas I sampai kelas V," terang H. Marskal Ujang, S. Pd, M. Si, Kepala UPT SDN 006 Terpadu Kubang Jaya.

Baca Juga:


Disebutkan, gelar budaya ini merupakan salah satu dari 6 tema dalam P5. Sedangkan P5 sendiri merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka.

Baca Juga:

Kegiatan yang dimulai sejak pagi, diawali dengan pembukaan yang ditandai dengan pengguntingan pita. Selanjutnya dilaksanakan parade budaya nusantara.


Acara tampak semarak dan meriah dengan penampilan para murid dengan berbagai tarian serta diiringi lagu daerah. Para peserta didik dan guru tampak antusias mengikuti acara ini. Demikian pula dengan dukungan orang tua dan wali murid.

Gelar budaya ini, menurut kepala sekolah, selain penilaian P5 yang masuk pada rapor kokurikuler, banyak nilai positif lain yang dapat diambil dari kegiatan ini.


Di antaranya, anak dapat mengenal berbagai budaya nusantara. Selain itu juga menanamlam rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.

"Menanamkan rasa kecintaan terhadap budaya dan saudara-saudara setanah air, meski berbeda adat, budaya dan bahasa," tutur Marskal Ujang mengakhiri.

Editor
: Andi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Soal Penghapusan Jurusan SMA, Plt Kadisdik Riau: Ada Lebih Banyak Pilihan
Hari Pertama Pembelajaran Efektif 2024-2025 UPT SDN 019 Pandau Jaya Berjalan   Lancar
Tahun Ajaran Baru 2024-2025, UPT SMPN 4 Siak Hulu Siap Berbagi
Temuan di Candi Muaratakus Diserahkan ke Disbud Riau
Lestarikan Budaya, PERWOSI Riau Taja Lomba Senam Kreasi Melayu
Jenderal Bintang Dua di Riau Ikut Gotong Replika Kapal Bakar Tongkang
komentar
beritaTerbaru