Minggu, 21 Juli 2024 WIB

Astronom Temukan Sumber Air Terbesar di Luar Angkasa, Ini Lokasinya

Redaksi - Sabtu, 06 Juli 2024 11:06 WIB
Astronom Temukan Sumber Air Terbesar di Luar Angkasa, Ini Lokasinya
Foto: Penampakan Bumi dari Luar Angkasa (Twitter @Thom_astro)
JAKARTA - Sumber air terbesar di luarangkasa baru saja ditemukan. Disebutkan, sumberair itu volumenya sampai 140 triliun kali gabungan semua air di bumi.

Adalah 2 tim astronom yang menemukan hal luar biasa tersebut. Lokasi temuan ini ada di sekitar lubang hitam kolosal yang dikenal sebagai quasar. Posisinya lebih dari 12 miliar tahun cahaya jauhnya, sehingga memberikan wawasan unik tentang tahap awal alam semesta ketika baru berusia 1,6 miliar tahun.

Kuasar di pusat penemuan ini, diberi nama APM 08279+5255, menyimpan lubang hitam supermasif yang massanya 20 miliar kali lebih besar dari matahari. Yang memancarkan energi yang setara dengan 1.000 triliun matahari.

Baca Juga:

"Ini adalah demonstrasi lain bahwa air tersebar luas di seluruh alam semesta, bahkan pada saat-saat paling awal," kata Ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory NASA Matt Bradford, dikutip dari detik, Sabtu (5/7/2024).

Menurutnya, pengungkapan temuan lokasi sumberair sangat penting, menekankan implikasinya untuk memahami prevalensi air di kosmos.

Baca Juga:

Tim astronom, termasuk tim Bradford, mempelajari dan mendeteksi beberapa tanda spektral dari massa air yang sangat besar.

Demi untuk mengungkap misteri alam semesta yang jauh, para astronom mengusulkan pembangunan teleskop 25 meter di Gurun Atacama di Chili , yang awalnya bernama Teleskop Cerro Chajnantor Atacama (CCAT).

Namun kemudian proyek ini berganti nama menjadi Teleskop Submilimeter Fred Young (FYST) pada tahun 2020. Disebutkan, pembangunan FYST hampir selesai, dan 'cahaya pertama' diharapkan bisa dideteksi pada tahun 2025.

Penemuan uap air di alam semesta awal belum pernah ada. Sehingga, temuan ini menjadi tonggak penting dalam pemahaman astronomi. Sebagai catatan, sumberair yang ditemukan di tempat lain di galaksi Bima Sakti, sebagian besar membeku dalam wujud es.(sumber)

SHARE:
Tags
beritaTerkait
Bengkalis Terima Penghargaan Kampung Keluarga Berkualitas
Ketum IKKT: Setetes Darah Kita Hari Ini, Selamatkan Satu Jiwa
Dalam 4 Bulan, 3 Juta Orang RI Jalan-jalan ke Luar Negeri
komentar
beritaTerbaru