Senin, 24 Juni 2024 WIB

Kesbangpol Riau Gelar Ormas Expo 2024

Redaksi - Senin, 10 Juni 2024 11:37 WIB
Kesbangpol Riau Gelar Ormas Expo 2024
Ormas Expo Kesbangpol Riau 2024.(Foto: Ist)
PEKANBARU- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau menyelenggarakan Ormas Expo 2024 dengan tema "Kreatif, Mandiri, Mengayomi". Acara ini digelar di Mall Living World Pekanbaru, dari tanggal 7 hingga 9 Juni 2024.

Tujuan dari acara ini adalah untuk memberdayakan, mengembangkan, dan meningkatkan kreativitas serta inovasi ormas dalam berorganisasi. Selain itu, Ormas Expo 2024 juga bertujuan untuk memperkenalkan peran dan fungsi ormas kepada masyarakat luas.

Ormas Expo 2024 diisi dengan berbagai kegiatan, seperti pameran produk UMKM ormas, seminar, workshop, dan pertunjukan seni budaya. Pengunjung juga dapat berkonsultasi dengan ormas terkait berbagai persoalan yang mereka hadapi.

Acara ini diikuti oleh 16 ormas dari berbagai bidang, seperti pembinaan UMKM, lingkungan hidup, keselamat kerja, sosial, pemberdayaan perempuan, sosial, keagamaan, kepemudaan, dan bidang lainnya.

Baca Juga:

Kepala Kesbangpol Riau, Jenri Salmon Ginting, AP, MSi, pada Minggu (9/6/2024) mengatakan, tujuan dari acara ini adalah sebagai ajang penyampaian Informasi kepada masyarakat tentang program kegiatan yang dilaksanakan oleh setiap organisasi masyarakat (Ormas).

"Kegiatan ini juga diharapkan agar masyarakat paham dan mengerti tujuan dan maksud dari dibentuknya atau didirikan suatu ormas. Dalam kegiatan Expo ini juga terdapat badan usaha binaan dari Ormas yang terdiri dari bergai bidang kegiatan Ormas," kata Jenri.

Baca Juga:

Selanjutnya, kata dia, peran ormas selama ini dirasakan efektif untuk menjaring aspirasi masyarakat, karena hidup dan tumbuh dalam dan bersama masyarakat. "Di sisi lain pemerintah bertugas melakukan pembinaan dan memberikan dorongan serta pengayomam dalam rangka menumbuhkan organisasi yang sehat dan mandiri. Sehingga, organisasi dapat menggerakkan kreatifitas dan aktifitas secara positif seperti hal nya kegiatan yang kami laksanakan," ucapnya.

Sementara, Kabid ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama dan Ormas, Kesbangpol Riau, Lil fadly jamil SSTP, MSi menuturkan, acara tersebut bertujuan untuk memberdayakan, mengembangkan, dan meningkatkan kreativitas serta inovasi ormas di Riau. Kemudian, untuk meningkatkan peran ormas dalam pembangunan di Provinsi Riau, menjadi wadah bagi ormas untuk bersinergi dan berkolaborasi.

"Ormas Expo 2024 merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan peran ormas dalam pembangunan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi ormas untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam membangun Riau yang lebih baik. Ormas harus kreatif, mandiri, dan mengayomi masyarakat," kata pria yang akrab disapa Lil.

Sementara, seorang pengunjung ormas expo berama Raden Anggun Salsabila menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, Ormas Expo 2024 menjadi wadah bagi ormas untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat dan menjalin kerja sama dengan pihak lain.

"Ormas Expo ini sangat bermanfaat bagi ormas dan masyarakat. Acaranya memperkenalkan produk dan kegiatan Ormas kepada masyarakat. Ormas Expo 2024 diharapkan dapat meningkatkan peran ormas dalam pembangunan di Provinsi Riau," tandasnya.(mer)


Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
CASN 2024: Kemenhan Buka 25.258 Formasi CPNS & PPPK
Bahlil Ungkap Asal Muasal Aturan Ormas Keagamaan Kelola Tambang
KI Riau Monitoring dan Evaluasi 259 Badan Publik
Ini Daftar Ormas Keagamaan RI yang Dikasih Izin Tambang IUP dari Jokowi,
komentar
beritaTerbaru