Minggu, 21 Juli 2024 WIB

Bupati Alfedri Buka Festival Sungai Siak 2024, Daya Tarik Wisata Sejarah dan Edukasi Peradaban

Redaksi - Jumat, 21 Juni 2024 15:36 WIB
Bupati Alfedri Buka Festival Sungai Siak 2024, Daya Tarik Wisata Sejarah dan Edukasi Peradaban
SIAK, kabarmelayu.com - Ditandai dengan pemutaran kemudi kapal, Bupati Siak Alfedri secara resmi membuka Festival Sungai Siak 2024 yang ke-2 di Tepian Bandar Sungai Jantan Siak. Kamis (20/06/2024)

Perhelatan ini merupakan agenda rutin Dinas Pariwisata Kabupaten Siak dalam rangka melestarikan seni budaya dan edukasi peradaban dalam melestarikan Sungai Siak atau yang dahulu dikenal dengan nama Sungai Jantan.

Malam Pembukaan Festival Sungai Siak ke-2 yang berlangsung sangat meriah ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman beserta istri, unsur Forkopimda Kabupaten Siak, perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Riau, bupati dan walikota di Provinsi Riau, kepala OPD di lingkungan pemerintahan Kabupaten Siak, ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Siak dan juga masyarakat sekitar.

Baca Juga:

Bupati Alfedri mengatakan bahwa Festival Sungai Siak ini adalah bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Siak untuk mengangkat peradaban sungai siak yang sudah tersohor dari zaman kerjaan dahulu agar tetap dikenal hingga masa yang akan datang.

2024/06/38af86134b65d0f10fe33d30dd76442e.jpg">

Baca Juga:

"Sungai Siak merupakan akar sejarah budaya melayu yang patut dilestarikan dan juga merupakan sumber inspirasi dalam kajian ilmiah dan seni budaya yang sering kita temui juga di pantun, syair dan karya sastra lainnya," sebut Alfedri.

Sungai yang panjangnya mencapai 370 km ini dari zaman kerajaan hingga sekarang masih menjadi jalur transportasi, sumber perairan dan juga sumber mata pencaharian bagi masyarakat sekitar Sungai Siak.

"Dengan menjaga kebersihan Sungai Siak, kita menunjukkan komitmen melestarikan Sungai Siak untuk masa lalu, masa sekarang dan masa depan," ajak Alfedri.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Tekat Perbatas Setia Dewa menjelaskan bahwa event ini merupakan ajang untuk mengangkat potensi Sungai Siak sebagai salah satu daya tarik wisata alam di Provinsi Riau.

"Festival Sungai Siak ini bertujuan untuk meningkatkan pariwisata serta meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Siak," ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa rangkaian acara Festival Sungai Siak ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan kesadaran untuk melestarikan sungai kepada seluruh masyarakat.

Acara yang berlangsung selama 3 hari kedepan ini dimeriahkan dengan bazar ekonomi kreatif di Tepian Sungai Jantan, pameran sungai, berbagai macam perlombaan termasuk lomba memancing yang diikuti lebih dari 1000 peserta dari kabupaten dan kota di Provinsi Riau, pertunjukkan seni dan seminar sungai.

Pembukaan Festival Sungai Siak ini ditutup dengan meriah dengan penampilan artis yaitu Rara Lida yang diramaikan oleh antusias masyarakat yang hadir.(inf/rio)

SHARE:
Tags
beritaTerkait
Anggota DPRD Komisi I Kabupaten Natuna Berkunjung ke Dispusip Siak
Berdayakan Kapasitas Unit Kearsipan dan Lembaga Kearsipan Daerah, Dispusip Siak Gelar Bimtek Kearsipan
DPRD Siak Sahkan Perda Laporan Pertanggungjawaban APBD 2023
Wakil Ketua DPRD Siak Androy Ade Rianda Ikuti Jalan Santai Sehat Bersama PWI
Dispusip Siak Soundingkan Kegiatan Bersama Program "Bujang Kampung"
Langkah Strategis Pemkab Siak Wujudkan Indonesia Emas 2045
komentar
beritaTerbaru