Senin, 24 Juni 2024 WIB

Pembangunan Jembatan Pakning - Bengkalis, Pemprov dan Pemkab Siapkan Rp2,5 Triliun

Redaksi - Senin, 10 Juni 2024 20:06 WIB
Pembangunan Jembatan Pakning - Bengkalis, Pemprov dan Pemkab Siapkan Rp2,5 Triliun
FGD Pemprov Riau, Pemkab Bengkalis bersama Kementerian PUPR dan Bappenas.(Foto:Ist)
PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menyatakan siap mengucurkan dana Rp2,5 triliun untuk pembangunan jembatan yang menghubungkan pulau SUmatera Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu - dengan pulau Bengkalis.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto usai rapat koordinasi di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Senin (10/6/2024).

Pembangunan infrastruktur yang digadang-gadang akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia ini membentang sejarak 6,1 kilometer. Jembatan yang bakal menyeberangi Selat Bengkalis itu akan didesain istimewa dengan sistem buka tutup layaknya di luar negeri.

Baca Juga:

Hadir dalam rapat tersebut Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR dan Direktur Pembinaan Pengembangan Pembangunan Bappenas RI. Tampak hadir Bupati Bengkalis Kasmarni, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Hardianto serta pemangku kepentingan terkait.

Pj Gubernur Riau mengungkapkan, rapat tersebut membahas rekomendasi pola pembiayaan dari pemerintah pusat dalam kondisi dan kebutuhan yang ideal terkait pembangunan jembatan yang menghubungkan pulau Sumatera dan pulau Bengkalis.

Baca Juga:

"Saya bersama Bupati Bengkalis menyelenggarakan Focus Group discussion (FGD) bersama Kementerian PUPR dan Bappenas. Kami mengundang pusat untuk membahas skema terhadap pembayaran, apakah nanti polanya menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU), atau budget sharing," ujarnya.

Kata SF Hariyanto, pihaknya sudah sampaikan agar ke depan jangan salah melangkah dalam penggunaan uang negara. Dia tak ingin niat baik ini nantinya menjadi masalah.

Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Jembatan Rantau Kasih Diresmikan, Warga Sembelih Dua Ekor Kerbau
Jembatan Desa Rantau Kasih Diresmikan
Sudah Tak Layak, Jembatan Panglima Sampul yang Roboh Dibangun Baru Tahun Depan
komentar
beritaTerbaru